FT Unud Gelar Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru Tahun 2022

Jimbaran – Surya Dewata

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Tahun 2022 Fakultas Teknik Universitas Udayana. Kegiatan kali ini dilaksanakan secara tatap muka di Gedung Widyasaba Rektorat Kampus Bukit Jimbaran setelah dua tahun berturut-turut dilaksanakan secara daring.
Selasa, 16 Agustus 2022

Sebanyak 906 Mahasiswa yang terdiri dari 867 Peserta Mahasiswa Baru dan 39 Mahasiswa Lama terbagi dalam 20 gugus bergabung dalam acara ini.

Pelaksanaan acara sendiri difokuskan pada dua kegiatan di Tingkat Fakultas dan di Tingkat Program Studi. PKKMB merupakan acara rutin yang diselenggarakan setiap tahun bagi Mahasiswa Baru Fakultas Teknik.

PKKMB tahun ini mengambil tema “Penguatan Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi Menuju FT-Unud berdaya saing Global.”

 Dengan dilaksanakan kegiatan PKKMB di tingakat Fakultas, Mahasiswa Baru secara resmi telah diterima bergabung di Fakultas Teknik Universitas Udayana.  Selama kurun waktu masa studi kedepan, mahasiswa Fakultas Teknik di harapkan menjadi insan yang mandiri dan bertanggung jawab selama menempuh keilmuan di Fakultas Teknik.

Mengembangkan bidang keilmuan dan bidang minat diluar kompetensi keilmuan yang terdapat di lingkungan Fakultas Teknik maupun di lingkungan Universitas Udayana.

Topik-topik yang disajikan dalam PKKMB ini terdiri dari Ceramah Bidang Umum meliputi visi dan misi, Pengenalan Organisasi dan Menagkap peluang dan Tantangan kedepan.

Ceramah bidang umum dibawakan oleh Dekan Fakultas Teknik,  Ir. I Ketut Sudarsana, ST., Ph.D.. Ceramah Akademik membahas tentang topik Strategi Pembelajaran dan Implementasi MBKM di perguruan tinggi yang dibawakan langsung oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan, Prof. I Nyoman Suprapta Winaya, ST.,MA.Sc.,Ph.D. Wakil Dekan bidang  Umum dan Keuangan, Dr. Ir. I Ketut Gede Sugita, MT. membawakan topik tentang sarana dan prasana, norma, etika kampus dan sanksi-sanksi.

Ceramah Bidang Kemahasiswaan, Ir. I Nyoman Budiastra, M.Erg membawakan topik Struktur Organisasi dan Kegiatan Kemahasiswaan. Ceramah terakhir tentang Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) yang dibawakan oleh Bapak Made Dodiek Wirya Ardana, ST., MT.

 
Ir. I Ketut Sudarsana, ST., Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Udayana merupakan calon teknokrat muda Indonesia. Dimana pembentukan karakter Mahasiswa yang kreatif, inovatif, bertanggung jawab dan memiliki semangat berkompetisi merupakan poin penting selama menjadi

Mahasiswa Fakultas Teknik. Mahasiswa diharapakan menguatkan jejaring dan bekerjasama diluar kegiatan akademik yang saling menghormati dan mengahargai didalam etika berorganisasi.

Dekan Fakultas Teknik menegaskan Sistem Pendidikan di tingkat Universitas berbeda dengan ditingkat sekolah menengah dimana Mahasiswa dituntut untuk menjadi Mahasiswa yang bertanggung jawab baik pada diri sendiri, keluarga, institusi dan Bangsa. 

Acara PKKMB ini juga dihadiri oleh Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU. beliau menyampaikan sambutan sebagai ucapan selamat datang kepada para mahasiswa baru Fakultas Teknik Udayana.

Rektor menyebutkan bahwa PKKMB Fakultas ini akan memberikan makna lebih setelah adanya PKKMB Universitas.  “Jaga nama baik prodi dengan rasa tanggung jawab. Pahami setiap akademik dan juga kemahasiswaan di tingkat Fakultas hingga mistra bestari.

Target untuk mahasiswa yang lulus tepat waktu sangatlah tinggi. Lulus tidak tepat waktu hal yang tidak baik untuk pribadi, keluarga maupun institusi.

Kenali kegiatan kemahasiswaan yang mendukung studi maupun diluar akademik. Kalian merupakan mahasiswa terbaik yang diterima di fakultas Teknik.

Akademik juga diseimbangi dengan kegiatan organisasi di kampus. Menjadi Sarjana Teknik yang memiliki kompetensi yang lain yang lebih unggul dari alumni teknik univ lain.” Kata Rektor, ditujukan kepada mahasiswa baru saat acara PKKMB berlangsung.

Hari pertama para mahasiswa diperkenalkan kehidupan kampus di Fakultas Teknik Universitas Udayana. Melalui penjelasan skema dan proses pembelajaran serta perkenalan terhadapa struktur organisasi yang berada di tingkat fakultas.

Materi pengenalan dibawakan oleh Dekan Fakultas Teknik Ir. Ketut Sudarsana S.T., Ph.D., dengan target secara umum bahwa setiap mahasiswa baru Fakultas Teknik mempunyai kapabilitas untuk mengukir prestasi di bidang kemahasiswaan serta dapat berperan aktif dalam kegiatan kemahasiswaan. Selain itu, melaui penjelasan tentang pengenalan tentang fakultas teknik Dekan Fakultas Teknik juga berharap para mahasiswa mampu untuk diarahkan untuk senantiasa tidak hanya  kreatif dan inovatif akan tetapi bertanggung jawab dalam proses studi perkuliahannya  yang berarti tidak menambah masa studi dan memiliki indeks prestasi kumulatif yang tinggi agar mampu menunjang akreditasi pada masing-masing prodi di Fakultas Teknik menjadi program studi yang sangat unggul dan juga tentunya mampu mengukir prestasi baik dalam skala nasional maupun internasional.

Adapun Penentuan kelulusan peserta PKKMB berdasarkan lima kriteria yakni kehadiran dalam setiap kegiatan, keseriusan mengikuti kegiatan, kedisiplinan memanfaatkan waktu, ketekunan dalam menyimak materi ketaatan dalam mengikuti tata tertib.

 Acara PPKMB Fakultas Tenik diakhiri dengan penyerahan mahasiswa baru kepada masing-masing program studi. Penyerahan dilakukan secara simbolis dengan memberikan piagam oleh Dekan Fakultas Teknik kepada masing-masing koordinator program studi setelah sesi istirahat selesai.

Kegiatan setelahnya akan dilanjutkan dengan pengenalan masing-masing program studi yang disampaikan oleh masing-masing program studi. Sehingga mahasiswa baru bisa mengenal lebih dekat berdasarkan dari program studi serta bisa mengembangkan potensi diri disetiap jurusan yang menjadi pilihannya. 

Sumber :
https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1607-Tri-Dharma-Perguruan-Tinggi-Menjadi-Tema-Pada-Kegiatan-PKKMB-Fakultas-Teknik-Universitas-Udayana.html

Related Posts