Inovasi Berdayakan Desa Buka Lapangan Pekerjaan, Green Punggul Temui Senator AWK Difasilitasi LSM Prabu DPD Bali

GIANYAR – Surya Dewata

Green Punggul pengolahan sampah di Desa Punggul, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung temui Senator RI DR. Srhi Gusti Ngurah Arya Weda Karna difasilitasi oleh Ketua DPD LSM Prabu Bali Mujiardi Santoso beserta jajaran bertempat di Istana Mancawarna (Soekarno Center) Tampaksiring, Gianyar, Bali, Minggu (23/01/2022)

Hadir pada temu wicara tersebut Ketua DPC LSM Badung I Nyoman Dana, Sekretaris DPC LSM Badung Didi Ardia Purnama Jaya, Kabid Sosial DPD LSM Prabu Bali I Nyoman Supartana, Ketua Pengelola Green Punggul I Gusti Nyoman Jelantik, Timsus Media Juli Edi Syah Putra, SH, dan jajaran LSM Prabu lainnya.

Senator DR. Srhi Gusti Ngurah Arya Weda Karna menyambut baik dan mengapresiasi kedatangan I Gusti Nyoman Jelantik dengan maksud dan tujuan pengolahan sampah hilirisasi sampai tuntas

Weda Karna mengatakan ini adalah suatu inovatif bisa memberdayakan desa-desa nantinya dapat membuka lapangan pekerjaan dan menghasilkan “arta” atau penghasilan dari hasil kerjasama antara desa dengan pemilik Green Punggul, atas prakarsa atau lobbiying peran serta LSM Prabu, ” ucapnya.

Di tambahkan, agar pemilik dapat menyelesaikan administrasi hukumnya, supaya hasil buah karya teknologi mesin pengolahannya harus didaftarkan ke Kemenkumham tentang merek paten, supaya tidak ada yang menjiplak dan menggandakan produksi tersebut, lalu dipatenkan. Nah, alhasil yang dirugikan adalah sipenemu hasil karya tersebut. Dan ia juga akan menjadwalkan waktu untuk meninjau ke lapangan langsung dalam waktu dekat ini di awal bulan Pebruari mendatang, “tambah AWK.

Hal senada disampaikan Ketua DPD LSM Prabu Bali, Mujiardi Santoso terkait dengan pengolahan sampah sampai dihilir, kami selaku LSM memfasilitasi dalam kerjasama dengan Green Punggul untuk memberdayakan warga masyarakat dari segi sosial, ekonomi, lapangan kerja, dan perekonomian di setiap desa-desa yang bersedia bekerjasama dengan pemilik hasil karya pengolahan sampah dengan perincian saling menguntungkan kepada setiap pihak. Karena dari hasil kelola sampah hilirisasi akan memperoleh bahan baku plastik untuk di oleh ke berbagai macam jenis souvenir dengan nilai jual tak kalah dari produk-produk pabrikasi lainnya, “pungkasnya.

Dibagian akhir acara tersebut,
I Gusti Nyoman Jelantik ucapkan terimakasih banyak kepada Senator AWK yang telah menyita ruang dan waktunya dalam kesempatan ini, telah banyak berikan masukan dan petunjuk, bagaimana kelansungan kelanjutan Green Punggul kedepan bisa berjalan seutuhnya sesuai dengan rel peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, agar kami tidak salah jalan.

” Dengan petunjuk beliau kami selaku pemilik akan menggagas prosesing administrasi dalam waktu yang tak terlalu lama. Harapan kami dapat memberdayakan masyarakat dalam hal pengelolaan sampah dari hulu sampai hilir hingga tuntas dan menghasilkan, “tutupnya.

Related Posts

Leave a Reply