Kaji Pengelolaan Air Minum Di Nusa Penida, Sekretaris Dinas PUPR Bali Raih Gelar Doktor Bidang Ilmu Lingkungan

Denpasar – Surya Dewata

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Bali, I Ketut Ariantana, ST., M.Si sukses meraih gelar Doktor pada Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL) Pascasarjana Universitas Udayana (Unud) pada hari Senin, 7 Agustus 2023 yang dilaksanakan di Ruang Aula Gedung Pascasarjana Unud, Denpasar.

Dr. I Ketut Ariantana, ST., M.Si berhasil mempertahankan disertasi nya yang berjudul “Strategi Pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum Berkelanjutan di Pulau Nusa Penida” dihadapan para Promotor, Kopromotor, Penyanggah serta Undangan Akademik yang hadir pada Promosi Doktor hari ini dan mendapatkan prestasi akademik Dengan Pujian. Karya tulis tersebut merupakan laporan dari hasil penelitian dan analisis di tahun 2022, yang kemudian menjadi persyaratan untuk memperoleh gelar doktor bidang Ilmu Lingkungan. Pulau Nusa Penida yang merupakan pulau karst membutuhkan strategi pengelolaan dalam penyediaan air minum, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang sudah ada dinilai belum efektif dari segi manajemen operasional pemeliharaan serta tingkat pelayanan air minum. Dalam rangka keberlanjutan, dilakukan evaluasi dan analisis yang terintegrasi dari aspek konservasi, ekonomi serta sosial sehingga dapat menghasilkan strategi pengelolaan SPAM yang efektif dan berkelanjutan.

Sebagai kebaharuan dalam penelitian ini diantaranya adalah sumber mata air di Pulau Nusa Penida merupakan mata air campuran air meteorik dengan air bawah permukaan batuan gamping; daerah imbuhan adalah satu kesatuan wilayah Pulau Nusa Penida; serta dibutuhkan skema kerjasama pemerintah dengan swasta (badan usaha) dalam pengelolaan dan pengembangan SPAM yang berkelanjutan.

Prof. Ir. Made Sudiana Mahendra, M.App.Sc., Ph.D selaku Promotor mengucapkan selamat dan sukses atas keberhasilannya meraih gelar doktor. “Dengan ini janji pada awal masuk ke PDIL telah terpenuhi, yakni dengan meluangkan waktu sepenuhnya, kemudian memenuhi semua tugas-tugas akademik, sehingga terbukti hari ini telah menyelesaikan proses akademik tepat waktu, saya ucapkan selamat dan sukses atas didapatkannya gelar doktor ini”, ucapnya. (bmp)

Sumber :https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3389-Kaji-Pengelolaan-Air-Minum-Di-Nusa-Penida-Sekretaris-Dinas-PUPR-Bali-Raih-Gelar-Doktor-Bidang-Ilmu-Lingkungan.html

Related Posts