Kantor Sekretariat DPW Nasdem Bali Dipelaspas

Denpasar – Surya Dewata

Bertepatan dengan hari rahinan Purnama, Kantor DPW Nasdem Bali ‘di-pelaspas’ atau diupacarai secara Hindu Bali, hari Rabu (13/7/2022).

Upacara pelaspasan dipimpin oleh 2 Sulinggih (Pendeta agama Hindu) yakni Ratu Peranda Istri Rai Pasuruan dari Griya Cau Blayu Batang Nyuh dan Ida Bhujangga Rsi Waisnawa Kemenuh dari Griya Taman Wangining Temukus Buleleng.

Pada upacara tersebut dihadiri seluruh pengurus Nasdem mulai dari DPW Bali, DPD dari 9 Kabupaten/Kota se-Bali, serta pengurus DPC dan seluruh simpatisan lainnya.

Kantor yang berlokasi di pusat Kota Denpasar ini rencananya akan diresmikan oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh pada hari Minggu (17/7/2022) yang akan datang.

Sekretaris Wilayah DPW Partai Nasdem Bali Nyoman Winata didampingi Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPW Nasdem Provinsi Bali, A.A. Ngurah Gede Widiada, S.H., mengatakan, dalam tradisi Bali, upacara Melaspas ini dilakukan sebelum gedung digunakan.

Upacara pelaspasan mutlak dilakukan untuk pembersihan dan penyucian bangunan yang baru selesai dibangun atau baru ditempati lagi, seperti rumah, kantor, toko, dan sebagainya.

“Jadi sebelum diresmikan oleh Ketua Umum, Kantor Nasdem diupacarai secara Hindu Bali tujuannya untuk membersihkan dan menyucikan gedung kantor, sarana dan prasarana lainnya supaya semua bisa berfungsi dengan baik dan dijauhkan dari segala kenajisan dan kekotoran lainnya yang ditimbulkan oleh perbuatan manusia. Dan ini juga kita minta restu alam semesta agar kita yang nantinya beraktivitas di gedung ini semuanya rahayu,” ucapnya.

Adapun pembangunan gedung ini mulai dari pembelian tanah dan hingga pembangunan gedung megah tersebut dikatakan telah menghabiskan dana sebesar 50 miliar yang sumbernya dari Ketum Nasdem, Surya Paloh.

“Dalam rangkaian pembangun gedung ini mulai dari pembelian tanah hingga selesainya pembangunan telah menghabiskan anggaran sebesar Rp. 50 miliar. Ini bukan kontrak tanahnya tapi milik sendiri, milik partai Nasdem,” jelas Nyoman Winata.

Saat Peresmian, selain kehadiran Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, juga rencananya akan dihadiri oleh Sekjen Nasdem, para menteri asal Nasdem, Ketua Fraksi, pengurus pusat lainnya.

Sementara Ketua DPW Nasdem Provinsi Bali, Julie Laiskodat menjelaskan, lokasi kantor Nasdem Bali sangat strategis yakni berada di akses utama Jl Raya Cok Agung Tresna Renon Denpasar, berada di lokasi pusat perkantoran.

Ia menegaskan jika Kantor DPW Nasdem Bali merupakan kantor terbesar dan termegah di Indonesia dengan tinggi bangunan tiga lantai, sebelah timurnya adalah Kantor KPUD Provinsi Bali, sebelah baratnya Kantor Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dan bagian belakang juga ada Kantor PDIP Bali dan Dinas Perhubungan Provinsi Bali. Lokasi tersebut dipilih sendiri oleh Surya Paloh. Sebab sebelumnya ada beberapa tawaran lokasi yang cukup strategis namun Surya Paloh memilih di pusat perkantoran Civic Center Bali.

“Saya mau katakan begini. Nasdem akan membangun kantornya di seluruh Indonesia dengan model yang sama. Namun Kantor Nasdem yang di Bali adalah salah satu kantor yang termegah untuk sementara ini dimana sudah terbangun di 10 provinsi di Indonesia. Tingginya 3 lantai, menggunakan lift, lengkap dengan aula pertemuan dan ruangan para pengurus,” ujarnya.

Namun Julie menegaskan, kemegahan Kantor Nasdem Bali harus didukung pula oleh keseriusan kader Nasdem Bali dalam mengusung kursi ke DPR RI asal Bali. Saat ini Nasdem Bali sedang bekerja keras untuk mengusung satu kursi asal Bali.

“Kantor yang megah adalah simbol kemegahan NasDem Bali. Kemegahan ini harus diikuti oleh kerja keras dari seluruh anggota untuk bekerja mengusung satu kursi dari Bali ke DPR RI. Satu kursi itu harga mati, dan semua kader harus kerja keras secara gotong royong,” jelasnya

” Surya Paloh meminta agar Kantor Nasdem Bali buka 24 jam tanpa henti. Kantor NasDem Bali akan menjadi rumah publik sekaligus rumah pergerakan bagi masyarakat Bali,” tutup Julie, yang juga istri Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat.

Di lain pihak, Ketua DPC Partai Nasdem Kota Denpasar, A.A. Ngurah Gede Widiada, S.H., mengatakan adanya gedung kantor sekretariat DPW Nasdem di wilayah yang strategis di Kota Denpasar tentu memberi motivasi bagi kader-kader Nasdem di Kota Denpasar khususnya. Karena dari segi promosi ini akan membawa dampak bagi partai Nasdem secara keseluruhan dan bagi kader-kader Nasdem di Kota Denpasar.

” Makanya momen ini kita gunakan sebaik-baiknya, tentu melalui kerja keras kita bersama akan terciptanya hasil yang positif bagi partai secara keseluruhan. Jadi kita sudah memiliki gedung bagus dan megah ini ya harus juga diikuti peningkatan jumlah wakil rakyat di DPR,” jelas Widiada, sembari menambahkan bahwa target perolehan kursi di DPRD Kota Denpasar minimal 1 fraksi.

“Kalau sekarang kita sudah ada wakil 3 orang di Kota Denpasar, maka kita targetkan ditambah minimal 2 kursi lagi sehingga bisa memiliki fraksi tersendiri,” imbuhnya.

Related Posts