Kembangan dan Tingkatan Kompetensi  SDM, FTP Unud Jajaki Kerjasama Dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kab. Badung.

Surya Dewata – IKU 6 (Indikator Kerja Utama) No. 6, terkait program studi bekerja sama dengan mitra kelas dunia, khususnya poin 3.9 (mitra instansi pemerintah, BUMN dan atau BUMD), Fakultas Teknologi Pertanian Unud menjajaki kerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung.

Diawali dengan pendekatan intensif antara UPIKS FTP dengan Bidang Perindustrian pada Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung, berhasil disepakati pola kerja sama pengembangan dan peningkatan kompetensi  Sumber Daya Manusia melalui program Tri Dharma pada IKM Pangan di wilayah Kabupaten Badung.

Pada Senin, (31/1), dilakukan pertemuan antara Dekan FTP Unud, Prof. Anom Sutrisna W dengan Ida Bagus Dirga selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung, bertempat di Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Ruangan Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja.

Pertemuan juga dihadiri oleh kepala bidang terkait dan UPIKS FTP.
Kabupaten Badung, telah memiliki rancangan program pengembangan IKM Pangan sejak tahun 2016 yang berisikan program pengembangan dan penguatan struktur usaha IKM Pangan.

‘’Di era adaptasi kenormalan baru pun, komitmen ini tidak berubah, walaupun terjadi penyesuaian karena keterbatasan dana untuk prioritas untuk Covid-19,’’ terang Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja Badung IB Dirga.

Hal tersebut menjadi komplit dengan peran serta perguruan tinggi yang memiliki fokus kompetensi pada teknologi pangan yang mendasari FTP Unud.

Prof. Anom, dalam paparan singkat, menjelaskan secara umum kemampuan sumber daya dan peralatan yang dapat mendukung program-program dari Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung, termasuk potensi pengembangan binaan IKM Pangan yang siap berkompetisi di era global melalui sertifikasi dan standarisasi.

Dalam waktu dekat, FTP telah mempersiapkan bantuan fasilitator dalam kegiatan teknis produksi pangan dan standarisasi produk yang akan diselenggarakan oleh Dinas untuk IKM Pangan di wilayah Sading dan Kutuh Badung.

Pertemuan diakhiri dengan kesepakatan tindak lanjut teknis pelaksanaan kegiatan pelatihan dan pendampingan IKM di wilayah Badung dalam waktu dekat.
Sumber:http://www.unud.ac.id

Related Posts

Leave a Reply