Kuatkan Sistem Penjaminan Mutu UP3M FT Unud Gelar Pelatihan SPMI

Denpasar, suryadewata.com

Unit Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (UP3M) Fakultas Teknik (FT) Universitas Udayana menyelenggarakan pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) bagi Koordinator Program Studi dan Tim Pelaksana Penjaminan Mutu (TPPM) di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Udayana yang berlangsung secara luring dengan protokol kesehatan ketat, Jumat-Sabtu, 28-29 Januari 2022 di ruang Wiswakarma Gedung C Kampus Sudirman, Denpasar.

Ketua panitia kegiatan yang juga merupakan Ketua UP3M FT Unud, Dr. Wayan Nata Septiadi, ST., M.T., menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan menguatkan sistem penjaminan mutu ke seluruh jenjang mulai dari tingkat program studi sehingga berimbas pada Fakultas Teknik dan Universitas Udayana.

Acara pelatihan ini dibuka Dekan Fakultas Teknik Universitas Udayana, Ir. I Ketut Sudarsana, S.T., Ph.D. Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan bahwa pelatihan ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi terkait Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sesuai standar yang telah ditetapkan Universitas Udayana dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Standar ini harus diketahui dan dipahami oleh seluruh civitas akademika di lingkungan Fakultas Teknik. Momen ini penting mengingat seluruh Koprodi di lingkungan Fakultas Teknik baru dilantik pada tanggal 19 Januari 2022. Untuk itu Dekan Fakultas Teknik meminta seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius untuk memperkuat paradigma penjaminan mutu di Fakultas Teknik.

Pelatihan ini menghadirkan dua narasumber. Pertama, Prof. Dr. drh. Nyoman Sadra Dharmawan, M.Si., menyampaikan materi Kebijakan Nasional SPM Dikti dan SPMI, dan Kebijakan SPMI Unud, Manual SPMI Unud, Standar Unud dan Formulir Unud. Kedua, Dr. I Wayan Suardana, SST.Par., M.Par., membawakan materi Implementasi SPMI, dan SPMI dalam kaitannya dengan SPME.

Pemaparan materi dan diskusi dalam pelatihan ini dipandu Dr. Ir. Ngakan Ketut Acwin Dwijendra, S.T., S.Ds., M.A., IPU., ASEAN-Eng.
Pelatihan ini ditutup Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan Fakultas Teknik, Prof. I Nyoman Suprapta Winaya, S.T., MASc., Ph.D., menyampaikan apresiasi kepada kedua narasumber yang telah berpengalaman dan memiliki komitmen yang kuat terhadap penjaminan mutu. Ia menegaskan, bahwa pelatihan SPMI ini sebagai dasar untuk dapat mengikuti ToT Auditor Mutu Internal.

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas577-Dalam-Upaya-Penguatan-Sistem-Penjaminan-Mutu-di-lingkungan-Fakultas-Teknik-UP3M-FT-Unud-Mengadakan-Pelatihan-Sistem-Penjaminan-Mutu-Internal-SPMI-.html

Related Posts

Leave a Reply