Mahasiswa FKP UNUD Kunjungi BBMKG Wilayah III Denpasar

Surya Dewata – Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana (FKP UNUD) melaksanakan kunjungan ke Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar yang berlokasi di Tuban, Kuta sebagai bagian dari pembelajaran lapangan pada mata kuliah Meteorologi Laut, Selasa (22/2/2022).

Mahasiswa yang hadir pada kuliah lapangan ini adalah mahasiswa semester 2 dengan jumlah sebanyak 51 orang. Untuk mengurangi terjadinya kerumunan yang berlebihan, kuliah lapangan ini dibagi menjadi 2 sesi.

Kepala BBMKG Wilayah III, Drs. Mohamad Taufik Gunawan, Dipl. SEIS bersama jajaran menyambut sekaligus membuka acara tersebut. “Kami sangat antusias dengan semangat mahasiswa dalam mempelajari langsung bidang meteorologi, ini penting untuk didapatkan generasi muda, khususnya mahasiswa sebagai generasi yang memiliki kesadaran tinggi dalam mengetahui dan merespon perubahan iklim yang semakin tidak menentu,” ungkapnya.

Perwakilan BBMKG Wilayah III, Bekti memberikan sedikit ulasan mengenai informasi meteorologi dalam bidang maritim, sekaligus mengenalkan kepada mahasiswa mengenai pengolahan data dan penggunaan aplikasi di BMKG.

Tidak hanya itu, mahasiswa FKP UNUD juga mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung pengaplikasian radio gempa bumi dan radar cuaca, termasuk proses penyebarannya ke stasiun-stasiun BMKG agar cepat diinformasikan kepada masyarakat luas.

Dosen FKP UNUD, Ida Bagus Mandhara Brasika, S.Si, M.Sc yang ikut mendampingi berharap dengan adanya kuliah lapangan ini, mahasiswa dapat merasakan dan melihat langsung proses-proses pekerjaan yang dilakukan di BMKG.

“Keterpaparan mahasiswa dalam melihat langsung proses pekerjaan BMKG mulai dari ekstraksi data, pengolahan, hingga penyebaran data yang siap pakai sangat penting dalam pembelajaran. Ini akan memberikan gambaran langsung kepada mahasiswa dalam menambah wawasan yang sudah didapatkan di kampus dalam bentuk teori,” sebutnya.

Dengan perkuliahan langsung di lapangan ini, FKP UNUD berharap dapat mencetak lulusan yang tidak hanya sadar terhadap perubahan iklim, namun dapat menjadi bagian dalam merespon perubahan tersebut untuk menjaga kelangsungan ekosistem laut dan bumi secara keseluruhan.
Sumber :  http://www.unud.ac.id

Related Posts

Leave a Reply