Pahit Gila! Keluarga Monyet Justru Menyukai Daun Ini

Monyet sedang menikmati jagung potong

SuryaDewata, Denpasar | Pisang sudah terlalu lama dikaitkan dengan kuliner favorit saudara kita di Sangeh dan tempat lainnya. Jadi kalau mau berkunjung atau sekedar melewati kawasan hutan yang ada monyetnya, kita akan membawa pisang sebagai oleh – oleh. Tapi, sebetulnya ada banyak makanan favorit mereka, salah satunya bikin geleng – geleng.

Buah – buahan sudah pasti ada di daftar paling atas. Bahkan, boleh dibilang sebagai menu wajib mereka. Sebut saja pisang, salak, semangka, apel dan sebagainya.

Namun, mereka juga menyukai berbagai jenis sayuran. Di Sangeh, sekitar minggu lalu, kami mendapati mereka pesta kacang buncis dan kacang panjang. Di tempat terpisah ada juga yang makan jagung muda yang sudah dipotong – potong.

Daun papaya, salah satu makanan favorit monyet

Semakin ke pinggir, ada yang menarik, seekor monyet muda sedang asyik mengunyah daun pepaya muda. Salah satu pengunjung berpakaian adat, Made, mengakui jika monyet memang doyan daun pepaya. “Daun pepaya muda merupakan salah satu makanan favoritnya,” ujar Made yang juga seorang pemandu wisata saat sebelum pandemi.

Menurut katadata.com ternyata daun pepaya memiliki tujuh manfaat, yaitu: mengobati gejala demam berdarah; menyeimbangkan kadar gula darah; senyawa papain di daun pepaya bagus buat pencernaan; meredakan peradangan sendi; membantu pertumbuhan rambut; menyembuhkan bekas luka dan memiliki sifat anti kanker.

No wonder, monyet selalu lincah bergerak diatas pohon karena terbebas dari masalah sendi. Rambut/bulunya selalu lebat karena pertumbuhan rambutnya terjaga dari diet nya. Dan mereka tidak butuh asuransi kesehatan untuk urusan kanker, karena sudah ditangani melalui konsumsi daun pepaya.

Kalian sudah tahu, atau baru tahu?[SWN]

Related Posts

Leave a Reply