Pelepasan 78 Calon Wisudawan FIB Unud

Surya Dewata – Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana (Unud), menggelar pelepasan calon wisudawan (yudisium), Kamis 17 Februari 2022. Pelepasan calon wisudawan kali ini dilaksanakan secara hybrid, yang mana, perwakilan calon wisudawan hadir di Ruang Soekarno, sementara peserta lain mengikuti melalui daring dan kanal youtube FIB Unud.

Sejak pandemi Covid-19, ini adalah yudisium kesebelas yang diselenggarakan secara daring. Pelepasan calon wisudawan ini dilakukan oleh dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum. Pada kesempatan ini, fakultas Ilmu Budaya melepas 78 orang calon wisudawan. Calon wisudawan ini berasal dari Program Doktor sejumlah 9 orang, Program Magister sejumlah 17 orang, serta Program Sarjana (S1) sejumlah 52 orang.

Pada yudisium kali ini rata-rata IPK pada jenjang S1 adalah 3,38. Pada jenjang Program Magister, rata-rata IPK adalah 3,59. Kemudian pada jenjang Doktor, IPK rata-rata yang diraih adalah 3,72.

Hingga periode ke-146, jumlah alumni Fakultas Ilmu Budaya adalah program sarjana sejumlah 9.089 orang, Program Magister Linguistik sejumlah 784 orang, Program Doktor Linguistik 196 orang, Program Magister Kajian Budaya 619 orang, Program Doktor Kajian Budaya 255 orang.

Dekan FIB, Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan selamat atas kesuksesan seluruh calon wisudawan. Yudisium merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu oleh semua mahasiswa yang telah berjuang dalam dunia akademik. Acara ini menjadi salah satu puncak dalam menyelesaikan tahapan akademik dengan baik.

“Dorongan saudara semua untuk menyelesaikan seluruh proses akademik di lingkungan FIB telah mengantarkan saudara mencapai puncak pendidikan. Setelah semua soft skill dan pengetahuan yang saudara dapatkan di FIB, kini saatnya saudara kembali ke masyarakat dan mengabdikan pengetahuan saudara,” ungkap Dr. Sri Satyawati.

Dr. Sri Satyawati juga menyampaikan terima kasih kepada calon wisudawan yang selama menjalankan pendidikan di FIB telah menyumbangkan prestasi. Hal ini tentu saja membawa nama baik lembaga, selain nama baik pribadi dan keluarga.

Salah seorang wakil calon wisudawan dari Program Studi Sastra Jepang, Ni Putu Wulan Lestari, S.S., mengucapkan banyak terima kasih kepada pimpinan, staf pegawai, atas segala fasilitas yang sangat baik dan sangat memadai sehingga calon wisudawan dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik.

“Hari ini adalah hari yang paling berkesan dalam perjalanan pendidikan kita semua di Fakultas Ilmu Budaya. Namun kita harus sadari bahwa ini merupakan langkah awal perjalanan panjang untuk mengabdikan ilmu yang selama ini kita peroleh di FIB Unud,” ungkap Wulan Lestari.

Adapun lulusan terbaik pada pelepasan calon wisudawan kali ini dari Program Sarjana adalah Ni Putu Wulan Lestari, S.S. dari Prodi Sastra Jepang dengan IPK 3,95, predikat Sangat Memuaskan serta lama studi 3 tahun, 5 bulan. Sementara, lulusan terbaik pada Program Magister adalah Luh Gede Titah Madriyanti Utama, S.S., M.Hum. dari Program Magister Linguistik dengan IPK 4,0, predikat Sangat Memuaskan serta lama studi 2 tahun, 1 bulan. Sedangkan, lulusan terbaik pada Program Doktor diraih oleh Dr. Kholid, S.Pd., M.Pd. dari Program Doktor Linguistik. Lulusan terbaik ini memperoleh IPK 3,60 dengan predikat Sangat Memuaskan serta lama studi 3 tahun 0 bulan.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya mengalungkan tanda kelulusan dan menyerahkan kenang-kenangan kepada calon wisudawan yang diwakili oleh ketiga lulusan terbaik masing-masing jenjang. Sementara itu, simbolis pelepasan calon wisudawan lainnya oleh Dekan FIB dilakukan dengan menampilkan satu persatu nama calon wisudawan.

Ketiga perwakilan calon wisudawan mewakili calon wisudawan lainnya menyerahkan simbolis kenang-kenangan berupa buku bagi Fakultas Ilmu Budaya. Buku-buku ini selanjutnya akan menjadi koleksi perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya. Sumber :http://www.unud.ac.id

Related Posts

Leave a Reply