Perjanjian Kerja Sama Antara FTP Unud dan PT. Prodia OHI

Denpasar – Surya Dewata

Penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara FTP Udayana dan PT. Prodia OHI telah dilaksanakan dalam Acara Launching ISO/IEC 17025:2017 di Hotel Swissbell Watujimbar Sanur pada Senin, 12 September 2022. Penandatanganan PKS dilaksanakan antara Direktur PT. Prodia OHI International Dr. Bertha Pangaribuan, M.Si dengan Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M.App.Sc., Ph.D., yang diwakili oleh Koordinator Unit Pengelola Informasi dan Kerjasama FTP Udayana Dr. Dewa Ayu Anom Yuarini, S.TP., M.Agb.

Penandatanganan PKS disaksikan oleh Komisaris dan Founder Prodia Andi Wijaya, Gunawan PS dan Endang Hoyaranda serta turut hadir Guru Besar dari FTP Udayana yaitu Prof. Dr. Ir. I Nengah Kencana Putra, M.S. dan Prof. Ir. Nyoman Semadi Antara, M.P. Ph.D. serta Dr. Ir. Komang Ayu Nocianitri, M.Agr.Sc. selaku Ketua PATPI Bali.

Prodia OHI International adalah salah satu anak perusahaan dari Prodia Group yang berfokus pada layanan pemeriksaan kesehatan kerja dan kedokteran okupasi yang didirikan tahun 2008 dengan Visi Prodia OHI adalah menjadi layanan kesehatan kerja terbaik dan terbesar, terdepan dan terkemuka dalam layanan kedokteran okupasi dan Misi Prodia yaitu untuk menjadi layanan kesehatan kerja yang holistik dan komprehensif dengan kualitas lebih baik.

Prodia OHI memiliki sejumlah unit pelayanan kesehatan untuk mendukung kebutuhan klien dalam memperoleh layanan kesehatan kerja dengan kualitas yang lebih baik yaitu 2 klinik kedokteran okupasi, 1 laboratorium okupasi, dan 1 laboratorium kesehatan masyarakat.

Unit-unit tersebut adalah Prodia Occupational Health Centre (Prodia OHC) Jakarta di Menara Palma, Rasuna Said Kuningan, Jakarta Selatan; Prodia OHC Jababeka yang terletak di jantung salah satu kawasan industri terbesar di Indonesia, di Jababeka Cikarang; Laboratorium Toksikologi Industri (Prodia Industrial Toxicology Laboratory) di lokasi yang sama dengan Prodia OHC Jababeka; dan Laboratorium Kesehatan Pangan (Prodia Food Health Laboratory) di Sanur, Bali.

Kerja sama antara FTP Udayana dengan PT. Prodia OHI International bertujuan untuk melaksanakan kerja sama dalam kegiatan di bidang penelitian, pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat dengan beberapa ruang lingkup seperti Pelatihan di bidang keamanan pangan, analisis kimia pangan, dan analisis mikrobiologi pangan, Penelitian di bidang keamanan dan kesehatan pangan maupun Workshop/seminar di bidang Ilmu dan Teknologi Pangan.

Komisaris Utama dan Founder Prodia Group, Andi Wijaya dalam pidatonya menyampaikan bahwa prodia memang fokus pada kerjasama dengan perguruan tinggi salah satunya Universitas Udayana dalam hal pengembangan dan juga penelitian. Beliau juga menekankan bahwa Prodia tidak hanya mencari income saja tapi juga berfokus pada pengembangan penelitian seperti keamanan pangan sebagai bentuk dukungan untuk mencegah pangan terkontaminasi oleh cemaran biologi, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia sehingga aman untuk dikonsumsi.

Sumber : http://www.unud.ac.id

Related Posts