Prodi  Sarjana Teknik Lingkungan Gelar Kuliah Tamu Undang NPO LIFE Jepang Pelaksana Yeh Sudamala Project

Surya Dewata – Program Studi Sarjana Teknik Lingkungan melaksanakan kegiatan Kuliah Tamu “Community Development Through Improving Access to Clean Water” dengan mengundang Praktisi dari NPO Life with Friends on the Earth (LIFE) Jepang sebagai pelaksana program Yeh Sudamala (YES) Project pada Senin, 12 September 2022. Kegiatan yang bertempat di Aula Wiswakarma, Kampus Sudirman, Universitas Udayana ini dihadiri oleh Koordinator Program Studi (Prodi), dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan serta Tim YES Project. Sesuai dengan tema yang diangkat pada kuliah tamu ini, materi yang disampaikan mengarah pada best practice yang telah dilakukan Tim YES Project untuk penyediaan air minum di Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng.

Program penyediaan air minum berbasis masyarakat merupakan suatu bentuk upaya pemenuhan terhadap kebutuhan air bersih masyarakat di wilayah perdesaan. Berdasarkan data yang diperoleh di Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, cakupan pelayanan air bersih masyarakat yang memperoleh akses aman air minum baru mencapai 25%. Untuk itu, perlu adanya pengembangan terhadap sistem penyediaan air minum untuk dapat melayani seluruh penduduk di wilayah Desa Pedawa.

Pendidikan & Olahraga 

Prodi  Sarjana Teknik Lingkungan Gelar Kuliah Tamu Bersama NPO Jepang Pelaksana Yeh Sudamala (YES) Project

 14/09/2022  Bali Ekbis  0 Komentar

(Baliekbis.com), Program Studi Sarjana Teknik Lingkungan melaksanakan kegiatan Kuliah Tamu “Community Development Through Improving Access to Clean Water” dengan mengundang Praktisi dari NPO Life with Friends on the Earth (LIFE) Jepang sebagai pelaksana program Yeh Sudamala (YES) Project pada Senin, 12 September 2022. Kegiatan yang bertempat di Aula Wiswakarma, Kampus Sudirman, Universitas Udayana ini dihadiri oleh Koordinator Program Studi (Prodi), dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan serta Tim YES Project. Sesuai dengan tema yang diangkat pada kuliah tamu ini, materi yang disampaikan mengarah pada best practice yang telah dilakukan Tim YES Project untuk penyediaan air minum di Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng.

Program penyediaan air minum berbasis masyarakat merupakan suatu bentuk upaya pemenuhan terhadap kebutuhan air bersih masyarakat di wilayah perdesaan. Berdasarkan data yang diperoleh di Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, cakupan pelayanan air bersih masyarakat yang memperoleh akses aman air minum baru mencapai 25%. Untuk itu, perlu adanya pengembangan terhadap sistem penyediaan air minum untuk dapat melayani seluruh penduduk di wilayah Desa Pedawa.

Yeh Sudamala (YES) Project adalah upaya bersama untuk menyediakan akses berkelanjutan terhadap air bersih di Desa Pedawa, Bali, Indonesia. YES Project bekerja sama dengan NPO Jepang yang berpengalaman dan pemangku kepentingan lokal di Pedawa, kami ingin mengembangkan infrastruktur fisik serta sumber daya manusia yang mampu menyalurkan air bersih ke setiap rumah tangga di Desa Pedawa dengan baik. YES Project bertujuan untuk mencapai tujuan tersebut, melalui upaya perbaikan fasilitas yang ada dan pembangunan fasilitas baru, membuat organisasi yang bertanggung jawab untuk mengelola sistem air di Pedawa, serta membangun masyarakat lokal yang sadar lingkungan.

Prodi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Udayana mengadakan kegiatan kuliah tamu ini sebagai bentuk kegiatan layanan pendidikan untuk membahas studi kasus penerapan Sistem Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat. Adapun kegiatan ini berkaitan dengan pembelajaran Mata Kuliah Sistem Penyediaan Air Minum dan Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat. Melalui kerjasama dengan YES Project, maka kegiatan kuliah tamu ini dilaksanakan dengan mengundang pembicara yang merupakan praktisi professional di bidang pengelolaan air minum, yaitu Mr. Yushi Yamada selaku Project Director YES Project dan Ms. Mitsuha Abe selaku Operations Director YES Project.

Koordinator Program Studi Teknik Lingkungan, Ir. Kadek Diana Harmayani, ST., MT., PhD., IPM. menyampaikan bahwa dengan terlaksananya kegiatan ini, maka dapat memberikan wawasan kepada mahasiswa dan tenaga kependidikan di lingkungan Universitas Udayana, khususnya Prodi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, mengenai topik yang berkaitan dengan bidang Teknik Lingkungan yaitu Sistem Penyediaan Air Minum dan Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat. Selain itu, kegiatan ini menjadi wadah bagi mahasiswa dan tenaga kependidikan untuk berdiskusi dengan praktisi professional di luar negeri terkait dengan penerapan program yang telah dilakukan. Pelaksanaan kegiatan juga dapat meningkatkan kerjasama internasional antara Universitas Udayana dengan lembaga luar negeri yang terkait di bidang Teknik Lingkungan.

Sumber: http://www.unud.ac.id

Related Posts