SMKN 1 Susut Cetak Siswa Siap Kerja 7 Komptensi Keahlian

Bangli, Surya Dewata

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan  Negeri (SMKN) 1 Susut, Bangli, Ni Made Ciri Rimbawati menjelaskan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2022 – 2023 sedikit berbeda sesuai dengan juklak dan juknis dari Dikdikpora, diberikan waktu pendaftaran selama 4 hari.

” Begitu juga aturan PPDB tahun ini siswa yang sudah mendaftar di SMK tidak diperbolehkan mendaftar lagi di sekolah SMA ,”
jelas Ciri Rimbawati diruang kerjanya, Rabu 22/06/2022

Lebih lanjut dijelaskan terkait kuota siswa dari 7 jurusan yang ada diprogramkan 9 rombel (ruang kelas) sehingga jumlah keseluruhan total murid 324 siswa.
Tetapi biasanya kelas tidak pernah terisi penuh paling 1/3.

Ditambahkan,  dihari pertama siswa yang sudah mendaftar kesekolah langsung karena kadang-kadang siswa minta bantuan untuk didaftarkan, biasanya daftar lewat online akan tetapi nytanya banyak anak yang minta bantuan mendaftar sekolah.
Melihat hal tersebut ya kami memfasilitasi saja.

Terkait jurusan di SMKN 1 Susut ada 7 jurusan yaitu :
1. DPIB : Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, yaitu melakukan pekerjaan sebagai Drafter/Juru Gambar dalam pekerjaan perencanaan dan pelaksanaan bangunan serta  jasa penggambaran bangunan secara mandiri,
2. BKP : Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti, siswa akan mempelajari pekerjaan menghitung konstruksi dan menyusun RAB dalam pekerjaan perencanaan dan pelaksanaan bangunan, serta Melakukan pekerjaan bisnis konstruksi dan properti.
3. BDP : Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran, siswa akan mempelajari strategi pasar, dasar- dasar kemampuan dan keilmuan menjadi seorang marketing (konvensional dan daring), kewirausahaan dan membaca peluang di dunia bisnis.
4. TITL : Teknik Instalasi Tenaga Listrik adalah jurusan yang mempelajari tentang perencanaan dan pemasangan instalasi penerangan, tenaga pemasangan dan pengoperasian motor listrik, merawat dan memperbaiki alat rumah tangga listrik
5. Perhotelan : Akomodasi Perhotelan  SMK Negeri 1 Susut adalah program keahlian yang menggeluti dalam bidang front office dan house keeping. Program kegiatannya membuat para siswa mampu mengimplementasikan kedua hal tersebut.
6. Akutansi : Kompetensi Akuntansi dan Keuangan Lembaga  SMK Negeri 1 Susut mencetak lulusan yang berkompeten dalam mengelola siklus akuntansi, menguasai Excel dan MYOB, serta mengelola transaksi keuangan
7. Multimedia : Jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Susut, menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang multimedia digital, desain grafis, animasi 2d dan 3d, serta menguasai software-software editing multimedia

Kompetensi dan keahlian,
Sebagai salah satu Sekolah Menengah Kejuruan di Bangli, SMK Negeri 1 Susut menghadirkan 7 kompetensi keahlian yang diajarkan pada sekolah kami dengan Guru-guru yang kompeten dibidangnya serta disokong oleh fasilitas yang memadai yaitu :
Desain Pemodelan, Bisnis konstruksi dan perhotelan, Teknik instalasi tenaga listrik, Multimedia, Akutansi dan keuangan lembaga, Bisnis daring dan Pemasaran.

Fasilitas : Perpustakaan, Ruang bengkel dan praktek, Sarana olahraga, Internet WiFi, Tempat sembahyang, Kantin sekolah, Lab. Komputer.

Sedangkan sisi keunggulan :
Kegiatan belajar mengajar berbasis IT, Ekstrakurikuler variatif dan presentatif, Terakreditasi A,

” Jurusan yang paling diminati sesuai dengan perkembangan masyarakat yaitu perhotelan dibuka tahun 2018 baru msenamatkan dua kali ,” imbuh
Ni Made Ciri Rimbawati

Related Posts