Sri Susanty Raih Gelar Doktor Pariwisata, Disertasi “Pemberdayaan Pramuwisata Perempuan untuk Pariwisata Berkelanjutan di Lombok, NTB”

Denpasar, suryadewata.com

Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (F-Par UNUD) kembali melahirkan seorang Doktor Pariwisata pada Sidang Terbuka Promosi Doktor untuk promovendus Sri Susanty, SST. Par.. M. Par, Kamis (13/1/2022).

Bertindak sebagai Ketua Sidang adalah Dr. I Nyoman Sukma Arida, S.Si., M.Si dengan Penguji Prof. Dr. Ir. Syamsul Alam Paturusi, MSP (promotor); Prof. Dr. Ir. Made Antara, M.S (Kopromotor 1); Dr. Drs. Syech Idrus, M.Si (Kopromotor 2); Prof. Dr. Made Budiarsa, M.A, Dr. Drs. I Nyoman Sunarta, M.Si, Ni Made Sofia Wijaya, SST.Par. M.Par. Ph.D, dan Dr. Yohanes Kristianto, M.Hum.

Di hadapan dewan penguji, promovendus mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pemberdayaan Pramuwisata Perempuan untuk Pariwisata Berkelanjutan di Lombok, NTB”.

Hasil risetnya menunjukkan bahwa dari aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap ternyata sebagian besar pramuwisata perempuan dapat diandalkan dan bahkan melebihi pramuwisata laki-laki.

Pramuwisata perempuan lebih telaten dan sabar dalam melayani tamu, mėmiliki kemampuan berbahasa yang baik, dan sebagian besar pramuwisata perempuan berasal deri keluarga yang sudah menikah dan memiliki anak, sifat yang lembut, keibuan, detail lebih rigid, zero mistake yang menjadi karakter yang menonjol dari pramuwisata perempuan ini.

Oleh karena itu bentuk pemberdayaan pramuwisata perempuan yang berkelanjutan di Lombok NTB adalah perlunya kolaborasi berbagai stakeholder dalam melahirkan kebijakan yang mendukung eksistensi pramuwisata perempuan melalui kebijakan pengupahan dan jam kerja sesuai aturan, peningkatan pendapatan dan kesejahteraannya melalui kewirausahaan, produk regulasi yang memberikan akses yang sama dalam setiap kegiatan pendidikan dan pelatihan untuk pengembangan karir.

Sri Susanty, SST. Par., M. Par menamatkan pendidikan Sarjana pada Program Studi Diploma 4 Pariwisata UNUD pada tahun 1999, dan Program Magister Kajian Pariwisata UNUD tahun 2009.

Ia pernah mengemban sejumlah jabatan penting dalam karirnya di antaranya Ketua Program Studi D3 Perhotelan Akpar Mataram 2006-2009, dan Ketua Program Studi D3 Usaha Perjalanan Wisata Akpar Mataram 2009-2018. Saat ini Susanty tercatat sebagai staf pengajar Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram.

Sumber:http://www.unud.ac.id

Related Posts

Leave a Reply