Unud Melalui LPPM Gelar PUMA Penerapan IoT Untuk Pengelolaan dan Digitalisasi Seni Pertunjukan Menuju Bali Bangkit Dari Pandemi Covid-19

Gianyar – Surya Dewata

Universitas Udayana melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana di Bali setiap tahun selalu mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pada tahun 2022 ini, salah satu kegiatan tersebut berada dalam skema Program Udayana Untuk Masyarakat (PUMA) dengan judul “Penerapan IoT (Internet of Things) untuk Pengelolaan dan Digitalisasi Seni Pertunjukan Menuju Bali Bangkit dari Pandemi Covid-19: Hilirisasi dari Penelitian CPPU dan Inovasi Universitas Udayana” yang merupakan skim pengabdian usulan tahun 2021 dan dilaksanakan tahun 2022 yang juga merupakan program mono tahun.

Tujuan kegiatan ini selain menjalankan kewajiban Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat juga melakukan kegiatan nyata dengan melakukan pendampingan UMKM pengelola pertunjukan seni di Bali.

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam perekonomian nasional memiliki peran yang penting dan strategis sesuai konsep Nawacita dari Presiden Joko Widodo. Pemberdayaan UMKM merupakan langkah yang strategis dalam meningkatkan dan memperkuat dasar kehidupan perekonomian dari sebagian besar rakyat Indonesia, khususnya dalam hal penyediaan lapangan kerja dan mengurangi kesenjangan dan tingkat kemiskinan.

Salah satu jenis UMKM yang paling banyak di wilayah Bali adalah industri kerajinan dan pertunjukan seni, karena banyak diminati wisatawan asing. Kegiatan PUMA ini didampingi mitra UMKM yaitu UMKM milik I Ketut Sudarsana dan I Putu Suada.

Berdasarkan hasil survei dan wawancara, banyak permasalahan yang dihadapi UMKM yang ada di Bali khususnya yang dialami oleh kedua mitra, yang sangat memerlukan solusi atau pendampingan usaha.

Kegiatan PUMA di tahun ini terdiri atas beberapa kegiatan yang dimulai bulan Juli hingga September tahun 2022 yaitu survei untuk mengetahui kondisi existing mitra, pengenalan dan pendampingan dalam pemanfaatan dan penerapan sarana IT/teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan secara maksimal dan berkelanjutan oleh UMKM sebagai mitra. Penerapan aplikasi teknologi yang digunakan adalah teknologi E-Commerce serta e-Katalog yang diberi nama Taripedia dengan menggunakan media internet yang merupakan aplikasi e-ticketing online berbasis mobile didampingi salah satu dosen Program Studi (PS) Informatika Universitas Udayana yaitu I Gusti Agung Gede Arya Kadyanan, S.Kom.,M.Kom.

Kegiatan yang kedua adalah pelatihan dan pendampingan manajemen usaha UMKM dalam hal pengelolaan usaha UMKM dan keuangan serta aset UMKM dengan mengunakan aplikasi komputer, yang diberikan oleh Ida Bagus Gede Dwidasmara, S.Kom.,M.Cs. yang merupakan staf pengajar pada Fakultas MIPA Universitas Udayana. Kemudian pelatihan berbantuan alat/komputer serta sejumlah perangkat untuk koneksi internet untuk menunjang proses editing video pertunjukan yang juga dapat dimanfaatkan untuk proses pemasaran dan pengelolaan cash flow.

Kegiatan pendampingan kemampuan manajemen melalui workshop yang dilaksanakan di Informatika F-MIPA Unud khususnya dalam pemanfaatan media online untuk menunjang penjualan berbasis e-commerce yang didampingi oleh Ketut Sutrisna Dewi, S.E., M.M.,Ak. yang merupakan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Diharapkan kegiatan pengabdian PUMA ini dapat mendorong kebangkitan seni pertunjukan pasca pandemi covid-19. 

Sumber: http://www.unud.ac.id

Related Posts