Wujudkan SDM Bali Berkualitas dan Tidak Stuntjng, BKKBN Prov. Bali Laksanakan Kegiatan Penguatan Forum GenRe

Denpasar- Surya Dewata

Perwakilan BKKBN Provinsi Bali mengadakan kegiatan Penguatan Forum GenRe (Generasi Berencana) Tingkat Provinsi Tahun 2022 di Ruang Wacika Perwakilan BKKBN Provinsi Bali pada Jum’at (21/1).

Kegiatan ini bertujuan memperkuat Program Generasi Berencana di Provinsi Bali serta memfasilitasi remaja agar belajar memahami dan mempraktikkan perilaku hidup sehat dan mewujudkan SDM Bali yang berkualitas, maju, berbudaya, sehat, cerdas, ceria dan tentunya tidak stunting.

Penguatan Forum GenRe (Generasi Berencana) tk. Provinsi  ini dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, dr. Ni Luh Gede Sukardiasih, M.For., MARS.

Dalam sambutannya, dr. Luh De menyampaikan bahwa para Remaja harus memiliki perencanaan masa depan yang mapan dan matang untuk mewujudkan generasi emas Indonesia.

“Untuk mewujudkan remaja yang mampu mengisi bonus demografi merupakan generasi emas Indonesia, remaja haruslah memiliki ketahanan remaja.” , terang dr. Luh De

Remaja perlu diberi pendekatan sosialisasi terkait stunting. Stunting atau kondisi gagal tumbuh kembang pada anak masih menjadi permasalahan yang mendapatkan prioritas penanganan baik secara Nasional maupun di Provinsi Bali.

Prevalansi stunting di Tahun 2019 sebesar 26.7% diharapkan turun menjadi 14% di Tahun 2024.
Stunting dapat dicegah dengan melakukan pengasuhan 1000 HPK (hari pertama kehidupan) dan melakukan edukasi PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja).

Terdapat 2 materi pokok dalam edukasi PKBR yakni (1) materi pokok “Kesehatan Remaja” dan (2) materi pokok “Perencanaan Berkeluarga”.

“Remaja perlu diberikan edukasi PKBR agar lebih siap dan tentunya dapat mengurangi resiko stunting di kemudian hari”, jelas dr. Luh De

Saat ini, untuk mendukung penurunan angka stunting dari Hulu, BKKBN telah bekerja sama dengan para mitra kerja seperti Kanwil Kemenag (Kementrian Agama), PHDI, MDA (Majelis Desa Adat) dan FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama).

“Dalam kesempatan ini kami berharap Forum Genre Provinsi Bali dan Forum Genre Kabupaten/Kota Bersama OPD KB Kabupaten/Kota dapat memperluas kerjasama kemitraan dengan lintas sektoral di wilayahnya untuk bersama – sama melaksanakan pencegahan stunting dari hulu” , imbuh dr. Luh De

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, para pembina Forum Genre Kabupaten/Kota Se_Bali, para Duta Genre Provinsi dan Kabupaten/Kota Se_Bali dan Forum  Genre Provinsi dan Kabupaten/Kota Se_ Bali.

@bkkbnbali

#IndonesiaCegahStunting
#Berencanaitukeren

Related Posts

Leave a Reply