Bakti Sosial, Mahasiswa KKN PPM UNUD di Desa Dangin Puri Kaja

Surya Dewata – Dalam rangka melaksanakan salah satu program kerja Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Udayana (UNUD) di Desa Dangin Puri Kaja, mahasiswa melakukan kegiatan bakti sosial (Baksos) bersih-bersih dan pemasangan poster pada 11 Maret 2022 di Puri Satriya. Dengan dihadiri 17 peserta, Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Ni Ketut Arismayanti) serta Perbekel Desa Dangin Puri Kaja dan jajarannya.

Melalui kegiatan ini diharapkan tempat ini selalu bersih dan terjaga dari sampah dan selalu menjadi contoh yang baik bagi masyarakat setempat.

Pemasangan poster ajakan untuk menjaga kebersihan juga dilakukan di seluruh banjar yang ada di Desa Dangin Puri Kaja. Pemasangan poster ini dilakukan oleh seluruh mahasiswa KKN. Melalui pemasangan poster ini, diharapkan mampu menambah kesadaran masyarakat mengenai menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

Tidak ada kendala yang berarti, kegiatan ini sudah berjalan dengan baik, berkat kerjasama yang baik antara mahasiswa dengan pihak desa.

Bakti sosial dalam bidang kesehatan dilakukan pembagian masker medis pada 11 Maret 2022. Pembagian masker medis ini dilakukan kepada masyarakat desa dengan tujuan agar masyarakat menggunakannya dengan baik dan untuk melindungi diri dari penularan virus Covid-19 di lingkungan masayarakat desa.

Pada saat pembagian masker juga dilakukan sosialisasi terkait dengan cara memakai masker yang benar karena kasus Covid-19 dilingkungan masyarakat semakin naik dari periode sebelumnya yang menyebabkan banyak masyarakat terjangkit virus Covid-19.

Kegiatan pembagian masker medis berjalan dengan lancar dengan antusias masyarakat yang bagus dalam mendengarkan dan memahami kegiatan pembagian masker medis.

Hand sanitaizer juga dibagikan pada masyarakat setempat agar selalu senantiasa menjaga diri dan mengawas diri dari virus Covid-19. Hand sanitaizer yang berfungsi sebagai mematikan virus yang ada ditangan dengan hitungan detik, juga sebagai pengganti sabun cuci tangan agar lebih praktis dan efisien dalam pemakaiannya karena bisa dibawa kemana mana.

Pemasangan poster vaksin booster juga untuk mengedukasi masyarakat agar mengetahui apa vaksin booster ini dan apa manfaat bagi tubuh yang berguna sebagai meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terkena virus covid-19.


Pemasangan poster cara membuang masker bekas pakai dengan melibatkan pihak-pihak Desa dan kelihan banjar untuk kita bekerja sama dalam menyebarkan informasi terkait tata cara pembuangan sampah masker sekali pakai. Poster ditempel pada masing-masing banjar dengan sudah melalui izin pada perangkat desa.
Sumber: http://www.unud.ac.id


Related Posts

Leave a Reply