Desa Mekar Bhuana Sambut Baik Mahasiswa KKN Dari UNUD dan UHN Sugriwa

Mangupura –  Surya Dewata

Bicara tentang perguruan tinggi pasti tak lepas dari Tri dharma perguruan tinggi, yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Desa Mekar Bhuana, kecamatan Abian Semal, kabuoaten Badung menyambut baik kedatangan mahasiswa dari 2 Universitas yaitu Universitas Udayana (UNUD) dan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar (UHN Sigriwa)

Ada 2 Universitas yang melaksanakan KKN di desa kami yaitu dari Universitas Udayana (UNUD) dan UHN Sugriwa

Mahasiswa dari Unud menggarap bidang pengairan pertanian sedang dari mahasiswa UHN Sugriwa bidang budaya dan agama.

” Kami berterimakasih untuk ke dua Universitas ini sudah memberikan atensi menurunkan mahasiswanya KKN di desa ini ,” ucap Kepala Desa Mekar Bhuana, I Wayan Wingharta, SH. yang akrab disapa Yan De dikantornya,
Selasa 06/07/2022

Yan De menjelaskan UNUD dan UHN Sigriwa memilih desa Mekar Bhuana dalam program KKN jadi bukan permintaan dari kami, tetntunya ada pertimbangan salah satunya adat dan budaya dimana disini ada 5 banjar adat, 5 banjar dinas dan 5 desa adat, jadi begitu uniknya desa Mekar Bhuana.

Antara desa adat dan pelaksanaan agama ada perbedaan dibjdang sema dresta, kule dresta serta kebiasaan atau tradisi masyarakat setempat.

Lanjut Yan De dengan hadirnya mahasiswa UNHI tentunya akan memberikan suatu pencerahan kepada masyarakat terkait tradisi, adat dan budaya serta agama paling tidak mempunyai pandangan yang sama dan disisi lain dari oerbedaan apa yang bisa kita ambil nilai positifnya.

Tradisi tidak bisa lepas desa adat juga tentunya ada perbedaan-perbedaan dari masing-masing desa di Bali.

Sedangkan UNUD tentunya sangat mendukung sesuai visi misi desa yaitu ” Desa Mekar Bhuana Menuju Desa Wisata “.

Bidang yang digarap salah satunya desa wisata sehingga gayung tersambut dengan hadirnya mahasiswa UNUD kita merasa sangat terbantu sekali, karena kita punya konsep, tujuan disisi lain ada kendala.

” Hadirnya mahasiswa UNUD akan dikolaborasikan antara adat, tradisi, budaya, agama serta teknologi menjadi sangat lengkap bisa saling mengisi ,” ucapnya.

Kami bersyukur dimana desa Mekar BhUana ini dipilih menjadi tempat pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dalam melaksanakan KKN

” Mudah-mudahan dengan kurun waktu KKN yang cukup singkat ada hal positif bisa melakukan langkah serta kontribusi yang bermanfaat bagi desa Mekar Bhuana ,” jelas Yan De

Dalam waktu satu setengah bulan selesai KKN di desa ini paling tidak bisa menjalin komunikasi sesuai dengan program serta kontribusi yang dilakukanya.

” Kita berharap komunikasi, koordinasi terjalin untuk selamanya bukan hanya kurun waktu masa KKN saja untuk itu kita berusaha memberi bal terbaik kepada mahasiswa-mahasiswa sebagai penerus bangsa ,” imbuh Yan De

Sementara dari mahasiswa UHN Sugriwa Denpasar, Dewa Wirayasa selaku koordinator menjelaskan program yang akan dilaksanakan ada merersik, dharma wacana, sisialisasi upacara keagamaan, yoga, tarot. Sedang dari sisi pendidikan ada mengajar ke sekolah- sekolah, partisipasi taru , pengajaran tari Rejang dan Puspanjali untuk anak- anak.

Kemudian juga ada sosialisasi pengembangan UMKM dan objek wisata seoerti vila dan potensi arung jeram juga oengolahan sampah terutama sampah plastik.

” Potensi desa bidang pertanian juga merupakan program kami sehingga UMKM bisa berkembang sebagai pendukung pertanian ,” terang

Ditambahkan, KKN mulai dari tanggal 27 Juni sampai 31 Agustus 2022, mahasiswa UNHI yang melaksanakan KKN di desa ini sebanyak 15 orang dimana 5 orang laki-laki dan 10 wanita.

Selanjutanya dari koordinataor mahasiswa KKN UNUD
A.A Dimas Waskara Wija dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) jurusan Management mengatakan program kerja yang akan dilaksanakan di bidang Agrowisata.

Pengembangan Agrowisata sekaligus pengembangan subak dimulai dari sistim pengairan. Kami baru mensurvei apa yang menjadi kendala subak di desa ini kemudian diperdalam lagi apa yang bisa dikerjakan bersama pemerintah desa. Sekarang ini sifatnya masih observasi lapangan.

” Mahasiswa UNUD yang KKN di desa ini sebanyak 22 serta mulai KKN dari tanggal 15 Juli sampai tanggal 31 Agustus 2022. ,” terangnya.










Related Posts