Himpunan Mahasiswa Fisika Melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat Berupa Penanaman Mangrove

Mangupra – Surya Dewata

Kegiatan Pengabdian masyarakat berupa penanaman Mangrove yang bertempat di Kelompok Nelayan Wana Segara Kertih, Kedonganan, Kabupaten Badung, Bali.
Pada tanggal 17 Juni 2023,
 
Kegiatan ini diikuti oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi Fakultas MIPA Prof.Dr. Ni Nyoman Rupiasih, S.Si., M.Si.,PhD. , Koordinator Program Studi Fisika Dr. Drs. Wayan Gede Suharta, M.Si. , Dosen Kemahasiswaan Program Studi Fisika Dr. Ida Bagus Made Suryantika, S.Si., M.Si.,  Bapak/Ibu Dosen Fisika Fakultas MIPA serta Mahasiswa/i Fisika dari angkatan 2019-2022. 

 Dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh warga setempat ini dipaparkan edukasi tentang manfaat mangrove. Dimana dijelaskan fungsi Mangrove selain merupakan salah satu tanaman dengan penyumbang oksigen terbesar, juga berfungsi sebagai pencegah abrasi dan erosi pantai. Perlu juga diketahui bahwa hutan mangrove merupakan salah satu tempat berkembang biak hewan payau seperti kepiting dan ikan. Untuk itu pemeliharaan ekosistem mangrove ini sangat penting untuk dijaga dan dilestarikan.  

 Menurut Koordinator Program Studi Fisika, Wayan Gede Suhartam Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini, diharapakan mampu neningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian dari ekosistem mangrove.

Sumber : https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3143-HIMPUNAN-MAHASISWA-FISIKA-MELAKUKAN-PENGABDIAN-KEPADA-MASYARAKAT-BERUPA-PENANAMAN-MANGROVE.html

Related Posts