Jembrana Kembali Gelar, Lomba Burung Berkicau Bupati Cup Meriahkan Hut Kota Negara ke-127

Jembrana – Surya Dewata

Sempat ditiadakan  dampak pandemi covid-19,ratusan peserta turut ambil bagian dalam Lomba burung berkicau Bupati Cup ke-16. Event ini  serangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia dan HUT Kota Negara ke-127 dipusatkan di lapangan Taman Pecangakan, Minggu (7/8/2022). 

 Ajang tahunan , ini mendapat sambutan dari penghobi dan pelestari burung. Terbukti, peserta yang hadir tidak hanya datang dari Bali, namun juga dari luar Bali.  Lomba dibuka langsung Bupati Jembrana I Nengah Tamba secara simbolis dengan pelepasan burung cerucuk keudara. turut mendampingi Ketua DPRD Jembrana Ni Made Sri Sutharmi, Sekda Jembrana, I Made Budiasa serta para Asisten Setda Kabupaten Jembrana. 

 Kegiatan ini juga melibatkan para penghobi burung dari luar Bali khususnya Jawa. Ketua panitia, I Komang Suastra mengatakan, Dimana kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang sempat tertunda selama 2 tahun akibat adanya Pandemi Covid-19 yang membuat badai perekonomian sangat terganggu. Untuk saat ini lomba burung berkicau Bupati Cup diikuti oleh para penghobi burung dan diikuti oleh ratusan peserta. Selain untuk memperebutkan piala tetap Bupati juga disiapkan hadiah berupa uang tunai. 

“Sampai saat ini jumlah peserta diikuti sebanyak 300 peserta baik peserta lokal maupun Luar Bali. Panitia akan memberikan hadiah bagi para pemenang yakni, juara umum kelas Bupati Rp. 10.400.000.00, juara umum kelas wakil Bupati Rp. 6.250.000.00, juara umum kelas Kadisparbud Rp. 3.150.000.00, juara umum kelas Mekepung Rp. 2.300.000.00, juara umum kelas Jegog Rp. 1.580.000.00 dan juara umum kelas PBI Ring sebesar Rp. 975.000.00 ,” ujarnya.

 Bupati Tamba menyampaikan terima kasih atas kehadiran para peserta lomba burung yang sudah bisa Hadir di Kabupaten Jembrana dan menjadi bagian dalam memeriahkan suasana HUT Kota Negara.

“Kita berharap teman-teman sekalian bisa bahagia berada di sini, jangan lupa juga promosikan Kabupaten Jembrana melalui media sosial baik itu di Facebook, Instagram dan di YouTube ,” ujar Tamba.

Kepada para pecinta burung berkicau, Bupati Tamba  meminta agar kegiatan ini bisa digelar kontinyu dan dilestarikan.

 “Saya harapkan kepada para penghobi burung berkicau ini hendaknya mampu mendorong pertumbuhan pariwisata Jembrana semakin menggeliat . Misalnya tingkat okupansi hotel, restaurant, UMKM serta memperkenalkan berbagai daya tarik wisata di Jembrana,” harapnya

Melalui pelaksanaan lomba burung berkicau ini juga Bupati Tamba berharap ajang  ini mampu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan di Jembrana.

” Lomba burung berkicau hari ini mungkin yang dahsyat sekali permintaan panitia jadi tidak satu hari ini minta, tapi dua hari diminta. Jadi dua hari dilaksanakan acara kegiatan ini ya kalau kegiatan dia positif mau satu minggu juga saya ijinkan,  dan kita harapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi kelangsungan pembangunan di Jembrana,” tandasnya.( Adi/humas)

Related Posts