Lokalatih Kehumasan PMI Wilayah Regional Timur
Tingkatkan keterampilan Humas PMI dalam konteks Pandemi Covid-19

Surya Dewata – Sebagai salah satu unsur dukungan organisasi, personel Humas sangatlah penting untuk membantu upaya menciptakan nama baik dan citra dari organisasi Palang Merah Indonesia (PMI). Berbagai kegiatan dan program yang dilakukan PMI tidak luput dari peran personel Humas PMI di berbagai tingkatan yang membantu mempromosikan berbagai program atau kegiatan PMI. Untuk itu, penting bagi PMI untuk terus meningkatkan kapasitas personel Humas PMI, terutama di bidang komunikasi agar para personel mampu menyebarluaskan berbagai informasi kegiatan melalui platform-platform baru dan kekinian.

Pembekalan kepada personel mengenai keterampilan kehumasan menjadi sangat penting dan menjadi aset yang berharga untuk membuat materi tulisan dan audio-visual yang baik dan menarik, serta memastikan agar informasi dapat disebarluaskan melalui kanal komunikasi internal PMI dan media massa. Terutama orientasi kepada personel humas PMI di wilayah Indonesia Timur yang kapasitas humas nya masih perlu ditingkatkan lagi.

Berlatar belakang dari perihal tersebut, PMI Pusat metalui Biro Hubungan Masyarakat-Hubungan lnternasionat akan mengadakan Loakkarya dan Pelatihan (Lokalatih) Kehumasan Wilayah Regional Timur dengan melibatkan partisipai dari 10 PMI Provinsi antara lain Provinsi Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Papua). Lokalatih yang didukung oteh IFRC ini digelar untuk membantu mengembangkan kapasitas personel humas PMI di wilayah timur, terutama datam bidang komunikasi yang Go Digital.

Kegiatan Lokalatih dilaksanakan pada tanggal 22 – 25 Agustus 2022 bertempat di B Hotel, Jl. Imam Bonjol Denpasar. Setelah menyelesaikan kegiatan, diharapkan Para peserta mampu membuat konten teks, foto, video, dan desain dalam tingkat lanjut terkait kegiatan penaggulangan Covid-19 dan bencana lainnya oleh PMI Provinsi dan Kabupaten/Kota. Sedangkan para fasilitator lokalatih merupakan staf Biro Humas PMI Pusat, Staf Komunikasi International of the Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) serta PMI Provinsi Bali sebagai tuan rumah mendapatkan kesempatan untuk berbagi pengalaman sekitar pengelolaan Dialog Online (LogOn) dalam bentuk Pod Cast yang di kelola PMI Provinsi Bali.

Kepala Markas PMI Provinsi Bali Bapak Budi Suharjo dalam acara pembukaan menyampaikan ucapan selamat datang dan ucapan terima kasih kepada PMI Pusat yang telah mempercayakan Bali sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan. Sedangkan Kepala Biro Humas dan Hubungan Internasional PMI Pusat Bapak Hasiando Parmonangan menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya Lokalatih Kehumasan adalah untuk meningkatkan kemampuan humas PMI di wilayah Regional Timur. “Dan latar belakang pemilihan Bali sebagai tempat pelaksanaan kegiatan adalah karena PMI Bali menjadi role model kehumasan PMI, yang telah melaksanakan giat kehumasan dengan baik” tambahnya sebelum membuka acara secara resmi.

Info lengkap dapat menghubungi :
Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali
Jl. Imam Bonjol Km.3 No 182 Denpasar | Telp. :(0361) 483 465 | Fax: (0361) 490 344
E-Mail : info@pmibali.or.id | Site : www.pmibali.or.id
Personal Kontak : Taufan Kristanto, Hp. 081 647 36 056 | Yohana, Hp. 081 246 684 177

Related Posts