Parade Budaya Jumbara IX, Kontingen PMI Bali Memukau Masyarakat Lampung Selatan

Lampung Selatan – Surya Dewata

Masyarakat Kabupaten Lampung Selatan dimanjakan dengan gelaran aksi kontingen Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) ke-IX dalam tajuk parade budaya yang dilaksanakan pada Senin (3/7/2023) mulai pukul 14.00 Wita di sepanjang jalan protokol di Kota Kalianda.

Parade Budaya dilepas langsung oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto di Lapangan Cipta Karya Kalianda, Lampung Selatan. Parade Budaya merupakan rangkaian kegiatan Jumbara Nasional IX PMR PMI tahun 2023 yang melibatkan perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia dan 12 negara sahabat. Rute parade budaya dimulai dari Lapangan Cipta Karya melintasi Jalan Radin Inten, Kesuma Bangsa dan berakhir di Lapangan Korpri, Kalianda, Komplek Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan.

Kontingen PMI Provinsi Bali sebagai bagian dari peserta parade budaya, juga turut ambil bagian dalam kegiatan parade budaya. Pada kesempatan ini, Bali menampilkan berbagai karakter topeng tradisional Bali yang terkenal dengan seni bondresnya, rangda, sampai dengan pawai ogoh-ogoh berupa patung raksasa dalam wujud Karna (saudara tertua Pandawa) sebagai tema Kontingen Bali dalam gelaran Jumbara Nasional IX di Kalianda – Lampung Selatan.

Ribuan masyarakat dibuat terpukau dengan parade budaya yang ditampilkan. Mereka yang menyaksikan dari pinggir jalan terus melambaikan tangan sambil memberikan semangat kepada kontingen Jumbara. Tepuk tangan dan sorak sorai terdengar setiap kali kontingen melintas. Acara parade budaya dilaksanakan sebagai wujud kepedulian PMR terhadap pelestarian budaya Indonesia dan penanaman nilai-nilai sosial kepada para generasi muda.

“Masyarakat sangat senang dan terhibur dengan dilaksanakannya parade budaya yang melintasi wilayah mereka” seperti di sampaikan Ketua Kontingen PMI Provinsi Bali Drs. I Nyoman Puasha Aryana, M.Si. “Kontingen PMI Provinsi Bali berupaya menunjukkan yang terbaik dalam setiap even yang ada pada gelaran Jumbara IX salah satunya kegitan parade budaya” imbuhnya di sela-sela kegiatan parade budaya.

Parade budaya ini merupakan bukti nyata bahwa semangat persatuan, kebersamaan, dan cinta terhadap budaya terus hidup di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Melalui Jumbara Nasional dan kegiatan serupa, PMR berperan penting dalam membentuk karakter dan mengembangkan jiwa sosial para pemuda-pemudi Indonesia.

Related Posts