Rasa Syukur Hasil Laut Melimpah, Desa Air Kuning Gelar Tasakuran “Petik Laut”

Jembrana – Surya Dewata

Masyarakat desa Air Kuning banjar Anyar, kecamatan Jembrana, kabupaten Jembrana melaksanakan acara tasakuran ” Petik Laut ” setiap tahun yang sudah menjadi tradisi turun temurun, Selasa 9/8/2022

Tasakuran ini masyarakat banjar Anyar tumpah ruah ke pantai menyaksikan lomba balap jukung dari nelayan setempat.

Acara tersebut dihadiri Camat Jembrana, Wayan Muntra calon DPR RI dari partai Gerindra, I Kadek Darma Susilo anggota DPRD provinsi Bali, Haji Sojidin calon DPR kecamatan Jembrana, Babinsa, Babinkamtibmas, dan TIm Basarnas.

Syukuran Petik Laut dibuka oleh Bupati Jembrana yang diwakili oleh Camat Jembrana Kadek Agus Arianta pada sambutanya menjelaskan acara tasakuran ini merupakan rasa syukur kepada Tuhan atas karunia beliau memberikan hasil laut yang melimpah kepada masyarakat yang ada di pesisir.

” Acara ini agar tetap dilaksanakan setiap tahun dan kegaiatan ini bisa dipaketkan dengan pariwisata disamping sebagai warisan leluhur harus dilestarikan.Semoga acara tasakuran hari ini berjalan lancar sesuai dengan harapan kita bersama ,” ucap Agus Arianta.

Perbekel desa Air Kuning dalam sambutanya mengatakan acara tasakuran ini dilaksanakan setiap tahun dimasing – masing banjar sejak jaman nenek moyang.

Kita memetik hasil laut tapi kita tidak memberi makan. Kita hanya memetik saja tetapi bersyukur Tuhan memberikan ikan, hasil laut melimpah bisa menghidupi masyarakat desa Air Kuning yang sebagian besar sebagai nelayan.

” Dengan tasakuran ini mudah – mudahan hasil laut terus melimpah serta wabah Corona juga menghilang ,” ucapnya.

Pada acara tasakuran Petik Laut ini Wayan Muntra memberikan bantuan uang tunai sebesar 2 juta begitu juga dengan Darma Susila memberi bantuan 2 juta dan berharap acara ini bisa dilaksanakan setiap tahun serta bisa menjadi paket wisata di kabupaten Jembrana.

Related Posts