Suksesi Kepemimpinan Demokrat Bali Gelar Muscab Serentak 9 Kabupaten/Kota

Denpasar, Surya Dewata

Makin bersinarnya Partai Demokrat berlambang bintang mercy ini di berbagai kalangan terutama kaum milenial, berbarengan juga akan digelar Musyawarah Cabang (Muscab) Serentak Partai Demokrat, Senin (18/4/2022) besok di Prime Plaza Hotel & Suites, Sanur, Bali.


Agenda pentingnya selain membahas laporan pertanggungjawaban pengurus cabang 5 tahun lalu dan program kerja, sekaligus suksesi pemilihan ketua DPC pada 9 kabupaten/kota di Bali.

Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Bali Made Mudarta menegaskan Partai Demokrat sedang mencari figur pemimpin yang dapat menjadi nakhoda organisasi yang mampu membawa partai ini ke arah lebih baik.

Untuk agenda Muscab memang merupakan agenda rutin 5 tahunan Partai Demokrat. Kami biasa menggelarnya. Agenda ini bakalan membahas banyak hal. Dari laporan pertanggungjawaban pengurus cabang selama 5 tahun. Ada program kerja sekaligus suksesi pemilihan ketua DPC,” ungkap Mudarta dalam jumpa pers, Minggu (17/4/2022 ) di Sekretariat DPD Partai Demokrat Bali, Jalan Juanda No. 4 Renon, Denpasar Bali.


Mudarta mengatakan, suksesi Ketua DPC Partai Demokrat se-Bali periode 5 tahun mendatang telah mereka mulai dengan proses pendaftaran ketua DPC. Untuk yang satu ini, dia pastikan sudah dibuka di Sekretariat DPC masing-masing sepanjang April ini. Syarat pendaftaran juga, menurut dia, tidak terlampau sulit.

“Pertama, harus membawa dukungan DPAC sebanyak 20 persen. Setelah itu, barulah nantinya dilakukan verifikasi berkas oleh BPOKK DPP dan BPOKK DPD. Untuk selanjutnya dilakukan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan),” jelas Mudarta.


Dia juga memastikan bahwa seluruh jajaran pengurus dari 9 kabupaten/kota di Bali bersama ketua DPC masing-masing, sejak kemarin sudah berada di Denpasar, Mereka mulai melakukan registrasi hingga hari ini (17/4/2022).


“Bintang Mercy kini semakin bersinar. AHY (Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, red) menjadi magnet utama bergabungnya kaum milenial menjadi anggota, kader, dan pengurus Partai Demokrat di seluruh Indonesia termasuk Provinsi Bali,” tandas Mudarta.


Lebih lanjut Mudarta memaparkan daftar antrean tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh budaya dan kaum milenial yang ingin menjadi pengurus DPC Partai Demokrat sangat panjang.


Untuk itu proses konsolidasi di level DPC Partai Demokrat pihaknya mempercepat agar mereka yang sudah antre segera dapat diwadahi di Rumah Biru Perjuangan Partai Demokrat.

“Hal ini seiring tren kesukaan serta keterpilihan Partai Demokrat dan Ketua Umum DPP Partai Demokrat AHY sebagai calon Presiden RI 2024 terus menanjak di berbagai temuan lembaga survei yang kredibel,” jelasnya

Di tempat yang sama, Ketua Steering Committee (SC) Muscab Serentak Partai Demokrat se-Bali Ketut Ridet menyebutkan seluruh persiapan kegiatan sudah rampung 100 persen.

Artinya, dia memaparkan, dari kehadiran peserta kegiatan yakni 9 DPC kabupaten/kota, sebanyak 57 Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC), Anggota DPRD Partai Demokrat, Fraksi Partai Demokrat DPRD Bali, Fraksi Partai Demokrat kabupaten dan kota, bersama seluruh pengurus pengurus DPD dipastikan sudah hadir.

Untuk acara ini, partainya memang tidak mengundang pihak eksternal, mulai dari proses pembukaan hingga penutupan.

“Jadi memang acara ini sifatnya adalah internal saja. Pertimbangan kita karena memang masih situasi pandemi Covid-19,” ucapnya.


Ridet juga memastikan untuk seluruh rangkaian kegiatan di lokasi acara akan berlangsung dengan standar protokol kesehatan (prokes) ketat.


“Untuk prokes Covid-19, kami tidak berani main-main. Kami ikuti aturan pemerintah. Harapan kami memang nantinya seluruh rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir dapat berjalan lancar dan sukses sampai hasil akhirnya,” pungkas Ridet. (Tim/red)

Related Posts