Tingkatkan Budidaya Ikan Air Tawar, Fakultas Kelautan dan Perikanan Univ. Udayana Laksanakan Pelatihan Pembuatan Pakan

Karangasem, Surya Dewata

Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat berupa Pelatihan Pembuatan Pakan pada Budidaya Ikan Air Tawar yang dilaksanakan di Desa Adat Peladung, Kelurahan Padangkerta, Kabupaten Karangasem. Minggu, 5 Desember 2021

Pelatihan ini dihadiri
Langsung oleh Ketua Kelompok Budidaya Poktan Sari, Bapak I Made Dwi Mardana, Kepala Lurah Padang Kerta, Ibu Ni Kadek Dwi Kartini S.STP, M.Si. dan Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Bapak Prof.Dr.Ir. I Wayan Artana MS. Dan diikuti oleh 50 orang yang berasal dari kelompok Poktan Sari Organik.


Penyampaian materi melibatkan dua narasumber yang merupakan dosen dari Fakultas Kelautan dan Perikanan yaitu Ibu Ayu Putu Wiweka Krisna Dewi, S.ST.Pi., M.P. yang menyampaikan materi “Pakan Ikan Alternatif” dan Bapak Gde Raka Angga Kartika,S.Pi.,M.P. tentang “Penggunaan Probiotik untuk Efisiensi Pakan Ikan”.

Saat sesi diskusi, masyarakat yang mengikuti pelatihan menyampaikan beberapa permasalahan mengenai cara menekan biaya operasional budidaya yang lebih terfokus pada biaya pakan.

Selain itu, banyak masyarakat yang menanyakan tentang pakan ikan yang bisa menjadi pakan alternatif di kemudian hari. Setelah sesi diskusi, dilakukan demonstrasi pembuatan pakan ikan air tawar oleh Ibu Ayu Putu Wiweka dan Bpk Gde Raka
Gambar 2. Penyuluhan Materi


Acara terakhir ditutup dengan penyerahan 1000 benih ikan nila, 5 sak pakan ikan, probiotik, masker, dan slop tangan kepada ketua budidaya Poktan Sari Organik yang diserahkan langsung oleh Bapak Dekan FKP Unud.

Kedepannya Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) akan terus bekerja sama dalam pembinaan masyarakat sehingga hasil penelitian dari dosen-dosen FKP dapat diaplikasi pada masyarakat serta meningkatkan sektor perekonomian.









Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *