Unud Komitmen Tingkatan Kualitas Data PDDikti

Depok Jawa Barat, Surya Dewata

Untuk dapat meningkatkan kualitas akademik dengan penataan data mahasiswa, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Rai Maya Temaja bersama jajaran Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan, Wakil Direktur Bidang Akademik Pascasarjana Universitas Udayana beserta jajaran Biro BAKH melakukan pengayaan langsung ke Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbudristek dan Universitas Indonesia pada 15 hingga 16 Desember 2021.

“Kunjungan ini diharapkan mampu memberikan pandangan dan solusi dalam bagaimana Unud ke depannya mampu meningkatkan kualitas data pangkalan data perguruan tinggi,” ungkap Prof . Rai Maya Temaja.

Adapun beberapa isu yang didiskusikan bersama dikti adalah mekanisme perubahan nama prodi, pengayaan sistem pelaporan type I dan II serta bagaimana membangun pendataan mahasiswa yang dapat mendukung kinerja Unud.

Di Pusdatin Kemendikbudristek, rombongan diterima oleh Kepala Subbidang Infomasi dan Publikasi ; Franova Herdiyanto, S.Kom., MTI, di ruang command center dan ruang Pusdatin untuk mendapatkan kiat dan arahan terkait validasi data mahasiswa dan pelaporan PDDikti yang tepat waktu serta mekanisme perubahan nama Program Studi di pelaporan PDDikti.

Di Universitas Indonesia rombongan diterima oleh Direktur Pendidikan Universitas Indonesia ; Prof. Dr. Ir. Anak Agung Putri Ratna, M.Eng., Direktur Kemahasiswaan UI ; Badrul Munir, Ph.D., Kepala Sub Direktorat Registrasi UI ; Fernan, S.Kom.,M.Si dan Direktur Center for Independent Learning UI ; F Astha Ekadiyanto, ST.,M.Sc. yang menangani MBKM di Universitas Indonesia.

Selain untuk mengetahui mekanisme pengelolaan MBKM di Universitas Indonesia juga untuk mengetahui bagaimana proses pengelolaan data status mahasiswa yang telah lewat masa studi dan mekanisme proses rekonsiliasi data mahasiswa.

Dalam kunjungan kerja ini juga bidang akademik Universitas Udayana beserta jajaran wakil dekan bidang akademik dan perencanaan Unud menghasilkan dua dokumen yakni Kalender Akademik dan SOP penerapan sistem Drop Out di Universitas Udayana.

Direncanakan SOP ini akan dilaksanakan pada semester mendatang.

Hal yang baru dalam kalender akademik adalah dengan dimasukkannya jadwal pelaporan data pddikti tipe 1 dan 2.

“Hal ini penting untuk dapat menjaga dan meningkatkan kinerja Unud melalui data yang baik dan tertata,” tambah Prof Rai Maya Temaja.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *