BPTI Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Tunjuk
Unud Jadi Tuan Rumah Ajang Tingkat Nasional NUDC dan KDMI Tahun 2022

Denpasar – Surya Dewata

Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menggelar National University Debating Championship (NUDC) dan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tahun 2022 yang berlangsung secara hybrid, dimana Universitas Udayana (Unud) ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksananya. Ajang nasional ini berlangsung dari tanggal 11-17 September 2022 dimana terdapat 263 Tim yang akan berkompetisi. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Unud, Minggu (11/9/2022).

Ketua Panitia Pelaksana Ni Luh Putu Krisnawati, SS.,M.Hum dalam laporannya mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh Pusat Prestasi Nasional. Dari 894 Tim yang mendaftar pada seleksi tingkat wilayah, ada 263 Tim yang lolos ke tingkat nasional dengan jumlah peserta sebanyak 526 orang yang berasal dari 180 Perguruan Tinggi dari seluruh Indonesia. Dalam NUDC dan KDMI ini dibagi menjadi 6 babak penyisihan NUDC dan KDMI, 4 babak eliminasi di NUDC Open Category, 3 babak eliminasi di NUDC Novice Category dan 4 babak eliminasi KDMI. Dan tentu saja akan ada penghargaan pada tingkat NUDC dan KDMI. Untuk NUDC ada Championship Open Category, 1st and 2nd Runner Up Open Category, Championship Novice Category, 1st and 2nd Runner Up Novice Category dan 1st sampai 15st Best Speaker Open dan Novice Category. Sedangkan untuk KDMI ada Juara 1, 2, 3, 4 dan pembicara terbaik 1 sampai 15. Pihaknya berharap semoga Tim terbaik dari yang terbaik menjadi juara dan pembicara terbaik.

Kepala BPTI Asep Sukmayadi, S.IP.,M.Si dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur karena dapat melaksanakan kembali NUDC dan KDMI meski masih di masa pandemi. Pihaknya mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang telah lolos seleksi, menjadi talenta-talenta terbaik untuk grand final ajang NUDC dan KDMI Tahun 2022 yang digelar di Universitas Udayana. Ajang ini merupakan salah satu ajang yang dilaksanakan secara konsisten oleh Pusat Prestasi Nasional yang mulai tahun ini dilaksanakan unit pelayanan teknis yakni Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

Tahun ini memasuki tahun ketiga pelaksanaan dimana dilaksanakan secara hybrid dan konsisten. Kita melihat antusiasme mahasiswa mengikuti ajang ini tiap tahunnya dan pihaknya bersyukur dapat memfasilitasi pelaksanaan kegiatan ini dengan segala keterbatasan yang ada. Pihaknya berharap hal ini tidak mengurangi arti dari partisipasi peserta dan talenta hebat terutama dibidang penalaran untuk memeriahkan dan memperkuat ajang-ajang talenta pada bidang akademik seperti NUDC dan KDMI. Peserta diharapkan dapat menunjukan konsistensi dan kemahiran dalam berdebat dimana yang terbaik akan diikutkan pada ajang internasional. Pihaknya juga telah memberikan insentif dan penghargaan bagi talenta terbaik berupa beasiswa sehingga bisa terus mengembangkan talentanya. Kedepan standar kompetisi akan diperkuat dan program ini dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Kepala BPTI juga memberikan apresiasi kepada Unud yang telah bersedia menjadi tuan rumah.

Sementara Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.,IPU memberikan apresiasi atas penunjukan Universitas Udayana sebagai tuan rumah pelaksana kegiatan yang memiliki peranan penting dalam pengembangan mahasiswa. Ini juga hadiah spesial bagi Unud yang akan merayakan Dies Natalis yang ke 60. Melalui kesempatan tersebut Rektor juga menyampaikan permohonan maaf apabila terdapat kekurangan dalam penyelenggaraan kegiatan ini dan berharap mudah-mudahan pada penyelenggaraan even yang berkaitan dengan MBKM ini kita bisa tampil lebih baik dan lebih sukses dalam mensukseskan program MBKM. Mengakhiri sambutannya Rektor mengucapkan selamat berlomba dan berkompetisi bagi peserta. Semua tim memiliki keunggulan masing-masing, mudah-mudahan ajang ini memberikan pembelajaran kepada seluruh mahasiswa untuk memaknai perguruan tinggi dengan pembelajaran pendidikan tingginya.

Sumber :
https://www.unud.ac.id/in/berita4845-Universitas-Udayana-Jadi-Tuan-Rumah-Ajang-Tingkat-Nasional-NUDC-dan-KDMI-Tahun-2022.html

Related Posts