Yayasan Bhumi Bali Swari (YBBS) Kembali Laksanakan Kegiatan Berbagi di Desa Satra Bangli

Bangli – Surya Dewata

Yayasan Bhumi Bali Swari (YBBS) kembali melaksanakan kegiatan berbagi secara rutin di desa Satra, kecamatan Kintamani, kabupaten Bangli, hari Minggu 04/02/2024.

Kalaupun cuaca hujan dan berkabut disertai udara dingin bukanlah halangan bagi anggota YBBS turun langsung ke pelosok desa lokasi warga yang memang sangat membutuhkan bantuan

Ketut Trikaya Wijaya Manik sebagai ketua YBBS dibawah binaan Ide Nak Lingsir ( sapaan akrab pembina YBBS, Jro Mangku Ida Pandita Mpu Nabe Siwa Agni Daksa Nata) menjelaskan disamping spontanitas sesuai dengan ketersediaan waktu dari anggota kami juga melaksanakannya secara rutin setiap bulan bergandengan tangan dengan beberapa komunitas lain seperti komunitas Rare Bali, Kopi Bali, berbagi Senyuman

Lanjut I Ketut Trikaya Wijaya Manik, kegiatan berbagi kali ini dilaksanakan di desa Satra, kecamatan Kintamani, Bangli, membagikan bantuan untuk 15 orang yang merupakan informasi daei relawan yaitu jero mangku yang ada di lokasi dengan didampingi oleh Bendesa adat mengunjungi langsung langsung 9 kepala keluarga (KK).

Bantuan yang diberikan yaitu paket sembako yang isinya 10 kg beras, telur, mie, minyak goreng, dan gula. Disamping itu ada juga bantuan dalan bentuk uang guna sedikit meringankan beban hidup.
Kegiatan inipun bisa terlaksana atas ijin dari kepala desa ataupun Bendesa adat.

” Tidak semua lokasi yaitu 15 tempat bisa kami kunjungi karena cuaca lagi hujan dan berkabut, sisanya dibantu oleh jero mangku relawan kami membagikan bantuan di desa Satra,” terangnya.

Lanjutnya, kegiatan ini bisa terlaksana atas kemurahan hati para donatur , jadi sama sekali tidak ada unsur dari pemerintah ataupun partai politik. Begitu juga misi kami tidak ada kaitan dengan ekonomi bisnis ini murni sosial kemanusian.

Lokasi kegiatan dari informasi relawan dimana juga bekerjasama dengan berbagai relawan di beberapa daerah termasuk Singaraja, Karangasem, Jembrana seperti pada waktu setelah dilanda banjir bandang juga melaksanakan kegiatan berbagi secara spontan juga bencana di desa Ban Karangasem.

Seminggu yang lalu YBBS juga melaksanakan pemberian bantuan untuk biaya sekolah LKS serta membantu anak – anak yang tidak bisa membeli sepatu ataupun baju dan sekali lagi itu dilakukan ssecara spontan tanpa pilih latar belakang.

” Prioritas bantuan diberikan kepada anak Yatim Piatu dan lansia yang tidak punya keturunan, memberikan vantuan berupa sembako dan uang pendidikan ,” terangnya.

Dijelaskan juga, selain melaksanakan kegiatan berbagi seperti diatas YBBS juga melaksanakan bantuan kegiatan ritual bagi umat lokal yang tidak bisa melaksanakannya secara mandiri seperti yang telah dilakukan yaitu : Metatah Massal, Menek Kelih, Warak Kluron, juga lainya dibantu pembiayaannya oleh YBBS agar meringankan masyarakat tanpa membedakan latar belakang agama dan lain – lain.

” Khusus untuk umat Hindu Bali kami melaksanakan ritual – ritual sesuai dengan tradisi lokal Bali ,” imbuhnya

Pembina YBBS, Jro Mangku Ida Pandita Mpu Nabe Siwa Agni Daksa Nata pada kesempatan ini berharap kepada pemerintah untuk. turut berperan dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang memang betul – betul membutuhkan bantuan sehingga pemberian bantuan tepat sasaran.



Related Posts