Loka shaba III, Pemilihan Pengurus Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Bali Komitmen Sejahterahkan Anggota.

Denpasar, Surya Dewata

Loka shaba III Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Korwil Bali (2021), dibuka secara resmi oleh Gubernur Bali Wayan Koster, yang ditandai dengan pemukulan gong. Dalam sambutannya Koster menyambut baik keberadaan organisasi yang mewadahi para pinandita , di Gedung Jaya Sabha Denpasar, 12/12/2021

I Gede Pastika selaku ketua PSN Pusat mengatakan Loka Sabha yang ke 3, dengan agenda pemilihan ketua Korwil Bali, mensosialisasikan keputusan Maha Sabha yang 3, serta melaksanakan AD/ART yang diputuskan pada Maha Sabha PSN Pusat pada tanggal 21 – 24 Oktober 2021.

Ditambahkan, PSN seperti yang yang disampaikan bapak Dirjen Kementrian Agama Hindu bahwa PSN adalah ujung tombaknya dalam pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat Hindhu.

” Menjalankan ajaran agama Hindhu dalam implementasinya dengan kehidupan sehari – hari sesuai dengan sesana sebagai Pinandita.
PSN selalu akan mengedepankan kesejahteraan bagi anggotanya ,”
terangnya

Terkait dengan kisruh khususnya
di Bali tentang ajaran – ajaran yang masuk ke budaya kita dikatakan di Paruman pandita sudah memutuskan mencabut Sampra Daya.

” Kami PSN sudah jelas menginstruksikan seluruh Pinandita tetap mengacu kepada ajaran agama, budaya kearifan lokal Bali dengan dresta tetap kontek dresta Bali. Tidak ada lagi budaya luar yang masuk dalam budaya atau dresta Bali  ,” jelasnya

Kami sudah menyampaikan pandangan kepada Korda Bali kita tetap menjalankan Ajeg Dresta Budaya yang berbasis kearifan lokal.

Ke.depan kami dari PSN pusat melaksanakan program melakukan usaha kesejahteraan bagi anggota PSN,, meningkatkan jenana atau kemampuan anggota PSN sehingga benar – benar menjadi anggota Pinandita yang profesional dalam pelayanan kepada umat .

” Kami juga bekerjasama dengan yayasan Darma Pinandita untuk menunjang segala kegiatan ke panditaan di seluruh Indonesia walaupun pandita bukan sebagai profesi tetap memiliki kemampuan dalam ke panditaan.,” tegasnya


Di tempat yang sama Ketua Panitia Lokasabha III PSN Korwil Bali, I Wayan Dodi Arianta menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memilih kepengurusan baru dan penyusunan program strategis sebagai penjabaran visi dan misi PSN lima tahun ke depan.

“Program kesejahteraan kepada para Pinandita yang tergabung dalam PSN pusat dan PSN Bali ini adalah dengan bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, yang disini tidak memandang usia, karena anggota kami ada yang usianya sudah lingsir (tua), “sebutnya.

Ia juga mengharapkan kedepannya adanya kerjasama yang terjalin dengan Yayasan Dharma Pinandita Bali, yang goalnya untuk kesejahteraan para anggota PSN itu sendiri.

“Kami sedang melakukan pendataan keanggotaan, di Denpasar secara online, di Gianyar  informasinya sejumlah 5.000 yang sudah terdata, ” terangnya

Dengan terbentuknya pengurus baru yang dipilih murni dari anggota, PSN kedepannya mendapatkan pengurus yang ideal

Sementara Pinandita I Nyoman Sukendra yang terpilih menjadi ketua Koordinator Wilayah (Korwil) Badung mengungkapkan hal yang sama. Ia menyebutkan bahwa akan mendata dan mengkoordinir para Pinandita yang ada di Kabupaten Badung.

“Kita akan meningkatkan juga kompetensi Pinandita yang ada di wilayah Badung, “ungkapnya.

Pura yang diemong oleh PSN sendiri melingkupi Pura pemaksan (kawitan), pura khayangan desa (Pura Desa, Puseh, Dalem), dan Pura-pura yang lain.

” Menjadi anggota Pinandita setelah menjalani upacara pewintenan Ekajati, dan tadi juga ada 12 pinandita yang menjadi anggota PSN, ” imbuhnya

Related Posts

Leave a Reply