Pasraman Griya Ageng Mas (PGAM) Laksanakan Upacara Manusia Yadnya Metatah Massal

Gianyar – Surya Dewata

Pasraman Griya Ageng Mas (PGAM) melaksanakan upacara manusia Yadnya Metatah Massal bertempat di Pasraman Griya Ageng Mas, Ubud, Kamis 28/12/2023

Upacara Metatah massal kali ini dipuput oleh
Ida Pandita Mpu Nabe Siwa Agni Daksa Nata

Tujuan dari Metatah adalah menghilangkan sifat buruk manusia yang disebut dengan Sad Ripu yaitu :
Kama ( hawa nafsu ), Lobha ( keserakahan ), Krodha ( kemarahan ), Mada ( kemabukan ), Matsarya ( iri hati ) dan Moha ( kebingungan ).

Ketua panitia pelaksana penyelenggara yang juga ketua Pasraman Griya Ageng Mas, Nyoman Sumerta mengatakan upacara manusia yadny berupa upacara dari Magpag, Ngerorasin. Mekakulan, Telu bulanan, Menek Kelih dan Metatah, yang dimaksud disini orangnya mungkin sudah besar akan tetapi baru mengikuti upacara tersebut karena berbagai hal sehingga tertinggal dan sekarang baru bisa mengikuti upacara dari tingkat awal Metatah ( Potong Gigi)

Diikuti 21 peserta Metatah yang semuanya berasal dari daerah Gianyar.
Upacara dimulai jam 6 pagi dan selesai jam 12. Upacara berjalan lancar dari sisi cuaca juga cerah disamping itu juga panitia telah mempersiapkan semua sesuatunya dengan matang.

Nyoman Sumerta menambahkan ke depannya kalau ada usulan atau keinginan masyarakat untuk melaksanakan upacara Metatah, Pasraman Griya Ageng Mas (PGAM)

siap membantu masyarakat seperti upacara kali ini dengan donasi seiklasnya, sangat ringan tidak membebani masyarakat sesuai visi dan misi kami membantu masyarakat yang membutuhkan uluran tangan.



Related Posts