Peduli Alam Bali, KemBali Becik Bersih – bersih Sampah di Pantai Seseh desa Cemagi

Mangupura – Surya Dewata

Dalam rangka mempromosikan gerakan kampanye pariwisata Bali yang lebih hijau dan berkelanjutan di Bali, KemBALI Becik kembali menggelar  rangkaian kegiatan bertajuk “KemBali Becik Sustainable Sunset,” . Hari Jumat, 23 Juni 2023, bertempat di Warung Pantai Seseh desa Cemagi, Badung

Acara ini dirangkai dengan berbagai aktivitas mulai dari beach clean up, sunset yoga, acoustic session, barbeque and drinks serta berbagai kegiatan menarik lainnya.

Pemilik warung Seseh, Made Santika menjelaskan acara ini bekerjasama dengan komunitas KemBali Becik melaksanakan bersih – bersih pantai dari sampah.

Lanjutnya, kondisi pantai Seseh masih bersih tetapi belum banyak orang tau. Sekarang ini sudah mulai banyak wisatawan berkunjung, aktivitas membersihkan pantai sudah dua kali dilakukan.
Pertama dengan komunitas By by Sampah Plastik dan sekarang bersama dengan KemBali Becik.

Santika juga menjelaskan bahwa warungnya menjual menu makanan dan minuman seperti restoran tetapi berupa warung

” Saya berharap pantai ini ke depan makin maju banyak dikunjungi wisatawan serta pantainya juga terjaga kebersihannya, kiya juga menghimbau para wisatawan membuang sampahnya di warung nanti kita yang membawa ke tempat pembuangan sampah yang ada di desa Cemagi ,” ucapnya.

Salah seorang pemerhati lingkungan Brigitta mengatakan kami belum oernah je pantai ini dan berharap oantai ini bersih serta lebih banyak irang tau kegiatan yang dilakukan KemBali Becik.

” Kegiatan ini kalau berlanjut terus itu bagus, hari ini mengumpulkan 84 kantong sampah baik sampah recycle maupun non recycle . Biasanya kami bersihkan sampah di pantai Batu Bolong, sampah recycle dibawa ke Eco Bali,” ucapnya Brigitta

Sementara Cokorde Gede Agung Prameswara Satria Dharma yang juga ikut pada komunitas peduli lingkungan menjelaskan sebelum kesini juga sempat bersih – bersih di mangrive dan diaini juga bantu bersih – bersih pantai, ini karena ada kepedulian diri dalam kalau bukan kita yang menjaga lingkungan lalu siapa lagi.

” Kami di Jakarta juga punya komunitas sekarang tidak lagi di belang layar kami terjun langsung turin mendekatkan diri dengan alam semesta ,” ungkapnya

Tim kampanye KemBali Becik, Saraswati Ratna Gana mengatakan kita ada program baru mengajak wisatawan untuk menyatakan komitmennya mendukung jelestarian alamnya Bali. Tetap menikmati Bali dengan cara lebih berkelanjutan.

” Kita ajak wisatawan untuk tanda tangan petisi turut menjaga kebersihan lingkungan alam Bali, tidak menggunakan plastik yang menjadi kampanye KemBali Becik ,” terangnya.

Harapanya bisa mengajak lebih banyak wisatawan bisa bergabung dalam komunitas ini melalui website dimana didalamnya secara digital kampanye menjaga kebersihan alam Bali

Kampanye KemBali Becik mulai awal tahun 2022, ini merupakan respon terhadap dampak Covid terhadap pariwisata hancur banget di Bali, kita ingin membangun kembali pariwisata Bali %yang kebih berkelanjutan, ramah lingkungan.

” Apalagi sekarang wisatawan banyak yang tidak bertanggung jawab makanya kita ajak wisatawan berlibur di Bali dengan lebih bertanggung jawab ,” imbuhnya







Related Posts