Bank Jateng Launching Jersey dan Medali Borobudur Marathon 2023 di Denpasar

Denpasar – Surya Dewata

Jersey dan medali Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng resmi diluncurkan dalam gelaran Bank Jateng Friendship Run di Denpasar, Mengambil tempat di Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Bali, Minggu (6/8/2023).

Denpasar menjadi kota ke-6 dilaksanakannya Bank Jateng Friendship Run dan kota pertama penyelenggaraan Bank Jateng Friendship Run di luar Pulau Jawa.

Bank Jateng Friendship Run diikuti sekitar 1.000 peserta dan melibatkan sejumlah komunitas lari di Denpasar dan sekitarnya.

Peserta mendapat kehormatan menyaksikan peluncuran jersey dan medali Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng. Jersey tahun ini berwarna merah, dengan desain minimalis dan elegan. Desain tersebut terinspirasi pattern dari bentuk batu yang tersusun pada candi.

Sementara itu pada bagian belakang jersey menampilkan tema Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng yaitu “Voice of Unity”.
Selain jersey, pada gelaran ini juga diluncurkan medali finisher Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng.

Berbentuk bulat, medali menampilkan tampak depan siluet stupa Candi Borobudur yang dihiasi aksen berupa garis-garis yang memusat ke arah stupa. Pada bagian bawah medali, terdapat tulisan “Borobudur Marathon 202023 Powered by Bank Jateng”. Visual ini menceritakan bagaimana para pelari menyatu dan terpusat pada gelaran Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng yang menjadi “rumah” bagi mereka.

Sementara itu, aksen 10 garis pada medali melambangkan 10 kota tempat penyelenggaraan Bank Jateng Friendship Run yang kemudian bersatu dan kembali ke Candi Borobudur, Magelang.

Tahun ini, “Voice of Unity” digaungkan sebagai tema umum untuk menyuarakan semangat persatuan, suara positif untuk saling menginspirasi dan membangun persatuan melalui kegiatan lari dengan juga mendukung aktivitas ekonomi para pelaku UMKM dan menyapa keunikan budaya masyarakat setempat.

Serupa dengan penyelenggaraan sebelumnya, selain berlari rangkaian Bank Jateng Friendship Run Yogyakarta juga menampilkan budaya dan kuliner lokal guna memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan dalam olahraga lari.

Hal ini sejalan dengan semangat Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng yang turut mendongkrak kegiatan bisnis para pelaku UMKM.

Terus menginspirasi
Sejak awal, acara ini dirancang untuk membangkitkan semangat wisata olahraga atau sport tourism. Hal ini diungkapkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat peluncuran Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng.

“Sekarang, saatnya kita bersatu untuk juga mengulurkan tangan ke kanan-kiri, bersama-sama saling berlari dan terus menginspirasi untuk menang. Oleh karena itu, ‘Voice of Unity’ menggambarkan bagaimana pelari, stakeholder, dan masyarakat bersatu untuk menyuarakan semangat kemenangan, dan saling menginspirasi dengan suara-suara positif dalam satu kesatuan di Borobudur Marathon,” ujar Ganjar.

Dalam rangkaian pre-event ini, Borobudur Marathon membawa Bank Jateng Pawone ke 10 kota melalui Bank Jateng Friendship Run dengan tujuan untuk menginspirasikan dan mempromosikan Magelang.

“Bank Jateng dengan 10 ribu pelari membawa dampak perekonomian lebih besar pascapandemi. Program Bank Jateng Pawone akan mengajak pelaku UMKM untuk mengoptimalisasikan produk serta mengedukasi pelaku UMKM untuk melakukan literasi keuangan sehingga pengembangan potensi ekonomi dapat terjadi dan berjalan secara optimal,” kata Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno.

Selain Jakarta, Bank Jateng Friendship Run juga akan menyapa Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Banjarmasin, Medan, dan Palembang.

Di samping itu, The Tour juga kembali hadir bersama sejumlah komunitas di 10 kota bersamaan dengan dilaksanakannya Bank Jateng Friendship Run.
The Tour sendiri dilaksanakan satu hari sebelum Bank Jateng Friendship Run digelar.

Di Jakarta, acara ini diselenggarakan pada Sabtu (20/5). Dengan merangkul komunitas-komunitas lari, The Tour bertujuan untuk menghidupkan ekosistem lari di Indonesia. The Tour diselenggarakan secara mandiri oleh perwakilan komunitas di masing-masing kota.

Kegiatan The Tour sekaligus mengajak komunitas lari untuk mempersiapkan diri dalam menyambut Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng.

Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo menjelaskan, pada 2023, Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng akan dilaksanakan satu hari dengan beberapa kategori, yaitu marathon, half marathon, dan 10K kepada pihak umum nasional dan internasional.

Lalu, rangkaian program Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng akan terdiri atas Bank Jateng Friendship Run 10 Kota, The Tour, Bank Jateng Pawone, dan Race Day.

Selain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bank Jateng Friendship Run Jakarta juga dihadiri Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama, CEO KG Media Andi Budiman, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo, Pemimpin Redaksi Harian Kompas Sutta Dharmasaputra, dan Direktur Bisnis Harian Kompas Lukminto Wibowo.

Related Posts